PWI Kudus Gelar Pameran Foto

 29-09-2017 10:10 WIB by Admin  81x    News
Kudus, kudusnews.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kudus merangkum perkembangan Kabupaten Kudus dengan menggelar pameran foto jurnalistik 2017. Pameran foto “Membingkai Kudus dari Balik Lensa” yang digelar di Kudus Extension Mall (KEM) itu menampilkan sebanyak 68 foto karya wartawan yang bertugas di Kabupaten Kudus.

Ketua Pameran Foto Jurnalistik 2017 Akhmad Nazaruddin mengatakan, kegiatan pameran akan digelar selama tiga hari, mulai Jumat (29/9) hingga Minggu (1/10). Dikatakannya, selain untuk mendokumentasikan perkembangan Kabupaten Kudus, pameran foto tahun ini juga menjadi bagian kampanye Anti Hoax yang menjadi fokus kegiatan PWI Kudus saat ini.

Ia menambahkan, tak mudah merangkum perjalanan Kudus dalam tiga tahun terakhir melalui sebanyak 68 foto karya jurnalistik. Namun, foto yang dipamerkan setidaknya merepresentasikan wajah Kudus tiga tahun terakhir.

Foto tersebut memotret seni dan budaya, life style, kehidupan keseharian, olahraga, lingkungan dan bencana, politik, pendidikan, ekonomi, serta pertanian. Ada segmen khusus dimana PWI Kudus merasa harus mengangkat isu pelestarian sejarah, melalu esai foto tentang Stasiun Wergu.

Disebutkan, stasiun yang dibangun oleh penjajah Belanda ini beberapa kali berubah fungsi. Dari yang dulunya berfungsi sebagai tempat pemberhentian kereta api, kemudian menjadi pasar, hingga kini mangkrak setelah dikosongkan. Dari rangkaian foto kisah tersebut, PWI berupaya menggugah kesadaran masyarakat untuk sedikit memberi perhatian terhadap benda atau bangunan bernilai sejarah.

Jangan sampai peninggalan bernilai itu lenyap tak bersisa, sehingga putuslah mata rantai sejarah masa lalu pendahulu kita. Selain sebanyak 68 foto karya wartawan di Kudus, PWI juga memamerkan delapan karya pemenang lomba foto PWI Kudus.

Sebanyak 750 lebih karya foto dengan tema geliat ekonomi di pasar yang masuk ke panitia. Melalui lomba foto ini, panitia kata Nazaruddin, ingin mengangkat potensi pasar tradisional. Terlebih dua tahun terakhir, Pemkab Kudus terus melakukan modernisasi pasar tradisional di Kudus. (Roy Kusuma – RSK).