Petani Boleh Pinajam Alsintan

 12-10-2017 11:10 WIB by Admin  35x    News
Kudus, kudusnews.com - Dinas Pertanian dan Pangan ( Dispertanpangan) Kudus membentuk brigade alat mesin pertanian untuk memberikan solusi pada petani yang kesulitan tenaga kerja baik masa tanam maupun ketika panen, sekaligus mengurangi biaya produksi tanam dan panen.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto S.Sos MM,  mengungkapkan bahwa mesin-mesin dari brigade berasal dari Pemerintah Pusat dan disimpan di dua gudang milik Dinas. Yakni gudang BPP Kecamatan Undaan dan gudang Loram Kulon, untuk memudahkan para petani meminjam mesin tersebut melalui kelompok tani, setelah selesai  harus dikembalikan ke gudang tersebut.
 
Sementara itu Kasie Sarana dan Prasarana Bidang Tanaman Pangan Perkebunan, Ratih Rustyorini, menjelaskan bahwa petani sudah banyak yang meminjam mesin tersebut, ini bisa dilihat dari data di bukunya, yang sudah mencapai 22 nomer urut sejak awal agustus 2017.
Lanjut dia, petani di Kudus sekarang sudah semakin sadar tentang mekanisasi pertanian, maka masih belum mencukupi. Karena itu pihaknya juga mengajukan permohonan peminjaman ke Provinsi Jawa Tengah.
 
Saat ini alinstan milik Brigade yaitu Hand Sprayer 103 unit, hand Traktor 18 unit, pompa air ukuran 3 inch 8 unit, pompa air ukuran 4 inch 10 unit, Rice Transplanter 3 unit, Cultivator 2 unit, Power Trasher multiguna 9 unit, Corn Sheller 9 unit, Combine Harvester sedang 4 unit, combine harvester mini 3 unit, jadi gudang Undaan tidak bisa menampung.
 
Selain itu, pada akhir tahun ini  juga akan mendapat tambahan lagi dari pemerintah pusat untuk yaitu Traktor roda dua 7 unit, pompa air diameter 2 inch 6 unit, pompa air ukuran 3 inch 6 unit, pompa air ukuran 4 inch 4 unit, transplanter indojarwo 3 unit, transplanter yanmar 3 unit dan handsprayer 21 unit.