Pengelolaan Pamsimas, Pemdes Bisa kerjasama Dengan PDAM

 16-10-2017 14:21 WIB by Admin  128x    News
Kudus, kudusnews.com - Asisten I Sekretariat Daerah, Agus Budi Satriyo, mengatakan Pemerintah Kabupaten Kudus, mempersilakan pemerintahan desa menggandeng perusahaan daerah air Minum dalam mengelola sumur penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, jika memang pemerintah desa dalam mengelola Pamsimas menghadapi sejumlah kendala, silakan dikoordinasikan apakah memungkinkan bekerjasama dengan PDAM dalam pengelolaannya.

PDAM Kudus dalam mengelola sumur Pamsimas juga memiliki kriteria tersendiri, dan sumber airnya juga harus dipastikan bisa diolah menjadi air bersih yang layak dikonsumsi masyarakat, ini dikarenakan beberapa daerah di Kudus sumber airnya memang payau. Selain itu juga perlu dilakukan pengkajian terlebih dahulu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono Murwanto mengungkapkan, di Kabupaten Kudus terdapat 64 Pamsimas. dan sebelumnya, sudah ada pendataan terkait pengelolaan Pamsimas, apakah dalam pengelolaannya terdapat kendala atau tidak, kalau pun ada tentunya akan dicarikan jalan keluarnya.

Terkait wacana pengelolannya dikerjasamakan dengan PDAM, memang sejauh ini belum ada pembicaraan, apalagi masing-masing pemerintah desa saat ini memiliki dana yang cukup karena mendapatkan dukungan dari pemerintah.