Ribuan Santri Ikuti Apel Hari Santri Nasional Di Kudus

 23-10-2017 14:23 WIB by Admin  150x    News
Kudus, kudusnews.com - Ribuan santri Minggu pagi, 22 Oktober 2017 mengikuti apel Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Kudus yang berlangsung di alun – alun Simpang Tujuh Kudus. Dalam acara yang  berlangsung pada pukul 08.00 wib itu, dihadiri oleh Bupati Kudus Musthofa yang juga bertindak sebagai  inspektur upacara. Selain itu, turut hadir pula Sekda Kudus Noor Yasin, Kapolres AKBP Agusman Gurning , Dandim 0722 Letkol (Infanteri) Sentot Dwi Purnomo, Ketua DPRD Masan serta unsur forkopinda lainnya dan juga para kyai, alim ulama, tokoh masyarakat serta ormas.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kudus Musthofa mengatakan, sebagai umat Islam tentunya patut berbangga dengan ditetapkannya Hari Santri. Karena penetapan Hari Santri merupakan penghargaan bagi umat Islam yang telah mampu membuktikan bahwa dimasa perjuangan, para santri dan kyai mampu mengawal kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Para kyai dan santri selalu berada digarda depan untuk mengawal NKRI dan memperjuangkan Pancasila.

Tema Hari Santri Nasional Tahun 2017 ini adalah “ Santri Mandiri, NKRI Hebat”. Hal ini mengandung makna, santri tidak terlepas dari perjuangan kemerdekaan, dan di era saat ini santri harus menjadi bagian dari pembangunan bangsa. Sehinga santri memng diharuskan mandiri agar dapat memperkuat NKRI.

Untuk menjadi santri mandiri, maka santri tidak hanya berfokus pada kajian Islam, lebih luas lagi santri harus bisa ikut terjun  dalam kemandirian bangsa diberbagai bidang baik pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.  Santri mandiri lanjut Musthofa, juga merupakan proses pengkaderan dan pembinaan generasi muda untuk mampu menjadi motivator, stabilisator dan integrator sehingga keberadaanya diharapkan diharapkan bisa menjadi tauladan dalam seluruh kehidupan kemasyarakatan. Karenannya lanjut Musthofa, santri harus bersatu dalam kepentingan yang sama untuk suatu kemajuan dan perubahan. (Roy Kusuma – RSK)