Hutan Desa Di Jati Wetan Sudah Berumur Ribuan Tahun

 16-11-2017 11:31 WIB by Admin  88x    News
Kudus, kudusnews.com - Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, adalah salah satu desa yang mempunyai Hutan Desa, yang terletak  di Dukuh Barisan, tepatnya di tepi jalan poros sebelah timur Balai Desa Jati Wetan.

Menurut Kepala Desa Jati Wetan, Suyitno, hutan desa tgersebut luas nya sekitar 3000 meter persegi, dengan didominasi tanaman pohon jati, dengan rata-rata berumur sekitar puluhan tahun l, bahkan mungkin lebih. Karena itu bisa dilihat dari ukuran tinggi pohon jati yang rata-rata 10 – 12 meter, ukuran garis tengah 30 – 40 centimeter.

Sebelumnya, warga desa tidak ada yang perduli dengan Hutan, akan tetapi setelah jalan yang menghubungkan Dukuh Barisan – Gendok itu di perbaiki, barulah warga mulai memperhatikan, pada saat aktivitas pagi dengan menyusuri jalan tersebut.

Dirinya bahkan hampir setiap hari mendatangi hutan yang Status tanah nya milik warga desa, yang sengaja dihutankan untuk membuat sirkulasi udara, dan lingkungan di sekitarnya menjadi sejuk, walaupun dirinya hanya untuk sekedar beristirahat di kerimbunan hutan tersebut, setelah berkeliling mengunjungi warga dan melihat keadaan desa. dan segar.