Sosialisasi Anti Narkoba Dan HIV/AIDS Kepada Remaja

 29-11-2017 11:53 WIB by Admin  275x    News

Kudus, KudusNews.com - Bertempat di aula SMKN 1 Kudus, Selasa 28 Nopember 2017 berlangsung acara “Kegiatan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Pencegahan HIV/AIDS Tahun 2017”. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber, masing – masing Gunawan Wicaksono dengan materi Komunikasi/Informasi Pencegahan HIV/AIDS dan Narkoba, kemudian Diah Citrawati dengan materi Menjaga dan Meningkatkan Fisik Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan AKP Sukadi yang juga Kasat Narkoba Polres Kudus dengan materi Pengetahuan Generasi Muda Akan Bahaya Narkoba dan Penyakit HIV/AIDS serta narasumber keempat adalah Irwan Alwi Hidayat dengan materi Pengetahuan Dasar HIV/AIDS dan Pelayanan Kesehatan Di daerah.

Menurut Kabid Kepemudaan pada Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Susilowati, kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan. Tujuannya adalah memberikan sosialisasi akan bahaya narkoba serta penyakit HIV/AIDS. Namun untuk kali ini lebih dirioritaskan akan bahaya narkoba. Peserta sendiri adalah para pemuda mulai dari pelajar hingga anggota ormas yang berjumlah 200 orang.

Kegiatan ini dilakukan tidak hanya di Kudus saja, namun juga dibeberapa kota dengan target peserta sebanyak 800 orang. Pada Bulan September lalu, acara serupa diadakan di Kota Salatiga, kemudiian hari ini di Kudus serta di Semarang nanti adalah khusus sosialisasi HIV/AIDS.

Dijelaskan oleh Susilowati, di Jawa Tengah sudah ada kader anti narkoba yang dibentuk pada tahun 2016 lalu, sebanyak 400 orang sudah dilantik dan mereka berasal dari 20 desa, 10 kecamatan dari 5 kabupaten.

Dengan adanya kegiatan ini lanjut Susilowati, diharapkan para pemuda akan tahu bahaya narkoba. Sehingga para peserta ini nanti bisa menyampaikan kepada yang lain akan bahaya narkoba. Harapannya, kasus narkoba tidak terjadi lagi pada pemuda dan mereka bisa mampu untuk ikut menanggulangi peredaran narkoba serta tidak mengkonsumsinya. (Roy Kusuma – RSK)