Anggaran Pengobatan Geratis Kelas III hanya 9 Miliar

 07-12-2017 12:08 WIB by Admin  97x    News
KUDUS, kudusnews.com - Kepala Dinas Kesehatan Kudus (DKK) Joko Dwi Putranto mengatakan Program pengobatan gratis di ruang kelas III yang selama ini menjadi program andalan Pemerintah, pada tahun 2018 didikung dengan anggaran yang memadai yakni sebesar Rp 9 miliar. Padahal tagihan pengobatan gratis dari RSUD Kudus untuk tahun ini saja mencapai Rp 7 miliar.

Selain itu, dana tersebut juga diperuntukkan untuk anggaran Puskesmas yang berkisar Rp4 miliar hingga Rp5 miliar per tahun. Sebelumnya, pihaknya sudah mengusulkan anggaran untuk membiayai program pengobatan gratis di ruang kelas III serta anggaran untuk Puskesmas sebesar Rp10 miliar, dan kekurangan nya akan mengusulkan kembali lewat APBD Perubahan 2018.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Kudus Setia Budi Wibowo mengatakan, pihaknya pada pembahasan APBD 2018 sudah mengusulkan tambahan anggaran untuk program kelas III menjadi Rp21 miliar. Akan tetapi yang disetujui hanya Rp9 miliar. Dirinya optimistis program rawat inap gratis tersebutmasih bisa berjalan, mengingat keuangan di RSUD Kudus hingga kini masih cukup baik.

Sementara itu, Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus Abdul Azis Achyar membenarkan, masih adanya tunggakan tagihan pengobatan gratis tersebut sebesar Rp7 miliar. Dengan rata-rata Rp800 juta per bulan, sedangkan selama setahun bisa mencapai Rp9,6 miliar. Meskipun demikian, pelayanan kesehatan kelas III gratis di RSUD Loekmono Hadi Kudus tetap berjalan dengan baik.