Dinilai Paling Siap, Polda Jateng Sosialisasikan Aplikasi SIPADES di Kudus

 07-03-2018 15:55 WIB by Admin  262x    News
KUDUSNEWS.COM, KUDUS – Aplikasi SIPADES (Sistem Informasi Pendampingan Dana Desa)siap disinkronisasikan dengan SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa) di seluruh desa di Kudus. Hal ini dilakukan karena Polda Jateng menilai aplikasi SISKEUDES telah berjalan dengan baik di Kudus. Kudus sendiri merupakan kabupaten kedua terkait penggunaan SIPADES setelah Kabupaten Batang, daerah asal aplikasi SIPADES dibuat. Sosialiasi yang diselenggarakan oleh Polda Jateng ini dilaksanakan pagi ini di Gedung Kesenian Kudus (7/3).

SIPADES merupakan aplikasi pendampingan dana desa yang nantinya digunakan oleh Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di seluruh desa di Kudus. Dana desa yang dimaksud adalah dana desa yang berasal dari APBN. Bhabinkamtibmas akan berkoordinasi dan mendampingi kepala desa dalam melakukan pengawasan. Tujuannya, untuk menambah transparansi penggunaan dana desa yang digunakan untuk pembangunan desa. Dengan aplikasi ini, kepolisian juga bisa meminimalisir berita hoax terkait isu penyelewengan dana desa.

Drs Sudjatmiko, M.Pd, Penjabat Sekda yang hadir mewakili Bupati Kudus, dalam sambutannya berharap aplikasi ini dapat membantu pencegahan masalah dana desa sejak dini. Kepala desa diminta untuk tidak ada keragu-raguan dalam melaksanakan pekerjaan dan meningkatkan transparansi, juga akuntabilitas pengelolaan dana desa. “Karena yang perangkat desa lakukan, nantinya juga bermuara pada kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning dalam sambutannya menyatakan bahwa aplikasi ini merupakan MOU dari Kapolri, Menteri dalam Negeri, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia. Aplikasi SIPADES ini akan resmi di-launching oleh Kapolri langsung pada 22 Maret nanti di Polda Jawa Tengah. Setelah itu, Bhabinkamtibmas bisa mengunduh aplikasi tersebut di play store yang ada di Android.

Ahmad, Bhabinkamtibmas dari desa Mijen, Kaliwungu yang hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa konsep dari aplikasi SIPADES ini sudah bagus. Namun, praktik dan implementasi aplikasi ini memang harus banyak ditingkatkan. Hal senada,dikatakan pula oleh Kepala Desa Kramat, Sensus Tulistiyono. Pihaknya setuju dengan adanya aplikasi SIPADES ini. “Ini juga sebagai pencegahan dini bagi kami, agar tidak khilaf, makanya harus ada pengawasan,” ungkapnya.

Acara ini dihadiri 123 orang Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas, para camat dan Kapolsek. Setelah penympaian materi, acara dilanjutkan dengan simulasi penggunaan aplikasi dari Polda Jateng.