Arpusda Kudus Kenalkan SIMARDI Offline untuk Dinas, UPT, dan Kelurahan

 09-03-2018 18:11 WIB by Admin  187x    News
kudusnews.com, KUDUS- Penataan berkas secara digital dikenalkan oleh Pemkab Kudus melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda). Aplikasi dengan nama SIMARDI (Sistem Informasi Manajemen Arsip Dinamis) Offline ini disosialisasikan ke 80 peserta yang terdiri dari Dinas, Badan, UPT dan Kelurahan se-Kabupaten Kudus. Acara yang berlangsung dua hari pada Rabu-Kamis pada 7-8 Maret 2018 ini diselenggarakan di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus.

SIMARDI Offline adalah aplikasi untuk kegiatan pengendali surat bagi SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) . SIMARDI sudah diaplikasikan di Arpusda, namun belum menjangkau ke dinas dan UPT di Kudus. D.H. Dhayatriana, Kasi Pembinaan, Pengawasan, dan Pengembangan Kearsipan menyatakan bahwa pembinaan mengenai penataan berkas ini memang sudah dilakukan ke dinas dan kelurahan, tapi ini menjadi pembinaan awal untuk UPT.

Selain SIMARDI, ada sosialisasi Perbup yang mengenalkan pembaharuan kode klasifikasi untuk kearsipan. Ini mengacu pada Peraturan Bupati Kudus Nomor 39 tahun 2017 tentang Pedoman Tata Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus. “Perbedaan ini terlihat dari kode klasifikasi yang langsung ke jenis klasifikasi arsip yang dimaksud, jadi langsung ke fokusnya,” jelasnya. Ini menjadi lebih fokus dibandingkan pola klasifikasi dan angka kode dahulu yang lebih umum. Ada draft Peraturan Bupati yang juga diberikan kepada peserta sebagai pedoman perarsipan yang baru. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, ada peningkatan kemampuan dalam memanajemen kearsipan di masing-masing tempat.