Bupati Bagikan Rastra Gratis di Dawe

 12-03-2018 15:14 WIB by Admin  301x    News

KUDUS - Bupati Kudus menyerahkan bansos Rastra (beras untuk rakyat sejahtera) gratis untuk warga KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Kecamatan Dawe. Tahun sebelumnya, Rastra masih harus ditebus dengan harga Rp. 1600. Acara yang diselenggarakan di Kantor Kepala Desa Piji pada Senin (12/3) ini dihadiri oleh ratusan warga perwakilan penerima Rastra maupun KKS (Kartu Keluarga Sehat) Kecamatan Dawe. Bupati juga menjamin bahwa beras yang diberikan adalah beras dengan kualitas yang baik.
 
 
Ada 7.191 keluarga penerima Rastra, dan sekitar 506 keluarga penerima KKS. Data penerima  bantuan ini sudah melalui verifikasi hingga ke tingkat RT dan desa. “Kalau ada protes mengenai keluarga yang harusnya menerima bantuan tapi tidak, bapak dan ibu semua tahu mengadu ke siapa,” candanya sambil menunjuk para kepala desa, yang juga ikut dihadirkan dalam kesempatan itu . Begitu pula, Bupati meminta para kepala desa di kecamatan Dawe untuk ikut mengawal dan memastikan penerima Rastra memang benar-benar keluarga yang membutuhkan. Di Kudus sendiri, ada 35.166 keluarga yang menerima Rastra tahun 2018. 
 
 
Bantuan yang diberikan Bupati selaras dengan kebijakan Presiden RI Joko Widodo dengan Nawa Cita nya yang salah satunya adalah fokus pada peningkatan kualitas hidup manusia melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat. Implementasinya antara lain adalah dengan pemberian beras untuk rakyat sejahtera (Rastra) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari Kementerian Sosial RI. KKS dibagikan 500 ribu rupiah setiap tiga bulan sekali. Penerima KKS bisa melakukan pengecekan di bank atau ATM. Bupati meminta agar kartu KKS dapat disimpan dengan baik, dan tak lupa PIN masing-masing. Penyerahan KKS juga diserahkan kepada keluarga yang memang sah seperti tertulis di KK warga. 
 
 
Turut hadir dalam acara tersebut, jajaran pejabat pemerintah kabupaten, camat Dawe, dan seluruh kepala desa di Kecamatan Dawe. Tampak pula TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) dan PKH (Program Keluarga Harapan) Kecamatan Dawe yang merupakan pendamping PKM di area Dawe.