”Ujian Terbuka Kedua” untuk Subarkah

 13-03-2018 11:17 WIB by Admin  190x    News

NUSANTARANEWS.CO, Kudus – Buku “Sedulur Sikep Menggugat” karya Wakil Rektor IV Universitas Muria Kudus (UMK), Dr. Subarkah SH. M.Hum dibedah di Aula Kantor PCNU Kabupaten Kudus, Ahad (11/03/18) lalu.

Bedah buku dibuka oleh Ketua PCNU Kabupaten Kudus, H. Abdul Hadi M.Pd. Nampak hadir pada kesempatan itu, Kompol M. Ridwan SIK. MH. (Wakil Kepala Polres Kudus), Kapten Nur Ali (Komandan Koramil Kota, Kudus), guru dari berbagai sekolah, pelajar, mahasiswa, dan perwakilan dari berbagai organisasi kepemudaan.

Dr. Suparnyo SH MS., Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) yang didaulat menjadi pemandu diskusi (moderator), mengatakan, buku karya Subarkah ini melalui proses yang sangat panjang, karena itu merupakan hasil disertasinya.

”Karya Dr. Subarkah ini sudah diuji di depan para profesor dan ilmuwan di Universitas Diponegoro (Undip) saat ujian terbuka Doktor. Jadi pada kesempatan ini, di depan bapak, ibu dan semua hadirin, ini adalah ujian terbuka kedua,” candanya dalam bedah buku yang diinisiasi para jurnalis muda yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis NU Kudus dan Suara Nahdlyin.

Dr. H. Kisbiyanto M.Pd., yang didaulat menjadi pembedah, mengatakan, buku karya Dr. Subarkah ini menarik, karena menunjukkan fakta perjuangan Sedulur Sikep mempertahankan haknya sebagai warga negara.

”Penelitian yang dilakukan juga mendalam dan obyektif, mengkritisi penerapan Undang-undang di Indonesia. Kalau di era Orde Baru, buku ini bisa dibilang subversif, karena sifatnya mengkritisi, melawan negara,” kata Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kudus itu.

Sumber : Nusantaranews.co