Bansos Rastra Gratis Dibagikan

 14-03-2018 10:28 WIB by Admin  178x    News

KUDUS-Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus menyalurkan bera sejahtera (Rastra) 2018 untuk 35.166 jiwa di Kecamatan Mejobo. Karena bentuknya bantuan sosial, maka penerima tidak perlu menebus beras yang diterimanya.

Bupati Kudus Musthofa mengatakan, pembagian Rastra untuk menjaga stabilitas dan kesejahteraan masyarakat. Progam bantuan sosial (Bansos) rastra, merupakan kebijakan Presiden melalui Menteri ^Coordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

"Mekanismenya jika sebelumnya Rastra ini harus ditebus, kali ini tidak harus dilakukan penebusan. Pembagian Rastra 2018 adalah gratis," kata Musthofa saat menyerahkan bantuan Rastra di kantor Balai Desa Mejobo belum lama ini. Menurut Musthofa, penyaluran Rastra 2018 menggandeng Bulog dan BNI 46. Sehingga dinilai cukup efektif dalam penyaluran Rastra kepada masyarakat penerima.

Dalam program Bansos Rastra, BNI sebagai penyedia kartu Progam Keluarga Harapan (PKH) yang fungsinya seperti kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). "Saya berpesan, kartu ini disimpan dengan baik agar tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," pinta Musthofa. Musthofa menambahkan, penyaluran program Bansos Rastra tahun 2018 di Kudus memang terjadi keterlambatan.

Hal itu untuk memastikan penyaluran bansos tersebut tepat sasaran. Keterlambatan itu terjadi karena sebelum dibagikan, Dinas Sosial P3AP2KB Kudus memverifikasi data penerima rastra dari Kepala Desa (Kades) dan Camat diwilayah masing-masing. (han/rif)

sumber : jateng pos