Aturan Sewa Trade Center Mulai Dibikin

 14-03-2018 10:44 WIB by Admin  199x    News
KUDUS-Pemkab Kudus mulai membuat aturan terkait penyewaan Kudus Trade Center (KTC) di kawasan Terminal Induk Jati. Harapannya, dalam waktu dekat bisa selesai. Dengan begitu, jika ada yang ingin menyewa bangunan tersebut sudah bisa menempati.

Kepala BPPKAD Kudus Eko Djuinartono mengatakan, sebagai bangunan milik pemkab, ada aturan yang harus dipatuhi jika ingin menyewa KTC. "Jika pihakpenyewa ingin menempati KTC, mereka tidak boleh mengubah formasi bangunan. Apalagi kalau itu hanya demi kepentingan mereka," ujamya.

Pihaknya tak ingin ada perubahan bentuk dari perencanaan awal. Saat ini, perencanaan terkait penyewaan KTC masih dikaji. "Kewenangan atas bangunan tersebut menjadi hak Dinas Perdagangan. Karena mereka yang memiliki bagunan tersebut Jadi mereka juga yang berhak melepas atau tidak," katanya.

Dia menyebutkan, kewenangannyayakni mengatur agar pihak Dinas Perdagangan melakukan perjanjian sesuai aturan pemkab. Yakni tidak memberikan kompensasi harga terkait pembangunan fasilitas. "Jadi misalnya nilai sewanya Rp 700 juta per tahun, sedangkan masih ada sejumlah fasilitas yang belum terpasang. Misal kaca atau atap yang belum terpasang. Nah, dalam perjanjian tersebut tidak ada kompensasi harga untuk biaya perbaikan. Jadi tidak ada pemotongan nilai sewa," jelasnya.

Saat ini, beredar kabar KTC bakal disewa MDS (Matahari Department Store). Meskipun sudah berencana pindah di KEM (Hypermart), namun itu sifatnya sementara. Pengelola MDS masih mencari lokasi yang bisa untuk jualan dalam jangka waktu lama. KTC pun dilirik. Hanya, sampai sekarang belum ada keputusan apakah KTC akan disewa MDS atau tidak.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti mengatakan, sampai saat ini belum ada keputusan terkait hal tersebut Terlebih KTC masih dalam proses pembangunan. "Untuk rencana pemindahan MDS ke KTC belum ada koordinasi lebih lanjut Jadi kami juga belum bisa banyak berkomentaif ujamya. (daf/lil)
Sumber : Radar Kudus