Inisiasi Forum Data, Kominfo dan BPS Satukan Visi

 14-03-2018 15:47 WIB by Admin  243x    News

kudusnews.com, KUDUS - Validitas data menjadi isu penting dalam pembangunan. Ini karena, pengambilan kebijakan akan mendasarkan pada data yang tersedia. Jika data tidak valid, maka bisa jadi kebijakan tersebut akan salah sasaran. Untuk itulah, dibutuhkan kesamaan visi diantara para penyedia data agar validitas data yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Dengan latar belakang tersebut, maka pada Rabu (14/3), Kadinas Kominfo Kudus, Drs. Kholid, MM menerima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus, Sapto Harjuli Wahyu di ruang kerjanya. Berangkat dari keinginan visi dan misi yang sama yaitu sinergitas data antara Pemerintah Kabupaten dengan BPS. Pertemuan tersebut mengerucut pada inisiasi terbentuknya forum data di Kabupaten Kudus.

Kerjasama Dinas Kominfo dengan BPS, didasarkan pada fakta bahwa urusan statistik sektoral saat ini menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo, di bawah koordinasi seksi Sistem Informasi dan Statistik, untuk itu kedua belah pihak merasa akan lebih baik jika ada forum data terlebih dahulu. Fungsi forum data antara BPS dan Dinas Kominfo ini sebagai media koordinasi. Tahapan selanjutnya adalah mengumpulkan data sektoral di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Desa di Kabupaten Kudus. “Nantinya, kerjasama ini ke arah sinkronisasi data BPS dan Dinas Kominfo sebagai validasi data di Kabupaten Kudus,” ungkap Kholid.

Seluruh data dari OPD dan Desa di Kabupaten Kudus harus sudah terverifikasi pada masing-masing OPD dan Desa. “Tugas Dinas Kominfo adalah menyiapkan sistem yang sudah terintegrasi dan kemudian menyajikan semua data dalam satu portal,” tutup Kholid.