Adukan Keluhan Ke Pemerintah Lewat Menara, Yuks

 12-04-2018 16:17 WIB by Admin  229x    News

kudusnews.com, Kudus - Tinggal di Kudus tapi tidak tahu kemana mau mengadukan keluhan ke pemerintah? Mungkin Anda belum berkenalan dengan aplikasi Menara. Menara adalah aplikasi berbasis Android yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Kudus. Kepanjangan dari Menjaga Amanat Rakyat, aplikasi ini memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk  membuat pengaduan perihal pelayanan publik atau memberi masukan kepada pemkab Kudus. Bisa mengenai fasilitas umum, infrastruktur layanan pemerintah, dan hal-hal lainnya.
 
Aplikasi Menara ini tak hanya berpusat di OPD di lingkungan Pemkab Kudus, tapi juga sampai ke tingkat pemerintah desa. Sehingga, masukan atau kritik bisa langsung sampai ke tujuan. “Aplikasi Menara ini bisa menjadi solusi masyarakat untuk memberikan masukan dan aduan secara real time, tak perlu bingung harus ke dinas mana dulu,” ujar Kepala Bidang Komunikasi Dinas Kominfo Kudus, Satria Agus Himawan, S.STP, MM.

Aplikasi Menara ini bisa diunduh di play store secara gratis. Hanya mengetikkan keyword “Menara Kudus” di playstore, maka pencarian langsung mengarah ke aplikasi Menara. Jika ingin mengadukan sesuatu atau memberikan kritik saran, Anda akan diminta untuk mendaftar dengan e-mail. Setelah itu, Anda bisa langsung menguraikan apa yang menjadi kritik dan saran.

Aplikasi Menara ini diluncurkan pertama oleh Bupati Kudus H. Musthofa pada 17 Agustus 2017 lalu di Alun-Alun Kudus.  Selain untuk memberikan saran dan aduan, ada berita mengenai Kudus, dan informasi mengenai layanan publik online Kudus lainnya.


Tak hanya bagi warga Kudus, bagi Organisasi Perangkat Dinas (OPD) di Pemerintah Kabupaten Kudus, Menara menjadi bagian dari penilaian kinerja dalam melakukan pelayanan publik. Menara terintegrasi langsung dengan e-performance, yang merupakan aplikasi pengukuran kinerja. “Jika keluhan masyarakat tidak segera direspon, maka, OPD itu nilainya akan buruk,” ujar Satria.