Kontingen Kudus Tampil di Seleksi Festival Pertunjukkan Rakyat di Rembang

 25-04-2018 08:31 WIB by Admin  33x    News
kudusnews.com, REMBANG- Diiringi dengan gamelan dan gitar listrik, Kelompok Wayang Gojek Waryoto Giok Kudus tampil membawa lakon Pesugihan Kandangmas (Dewi Nawangsih). Mereka tampil dalam Seleksi Festival Pertunjukkan Rakyat se-ekskaresidenan Pati dengan lima perwakilan kabupaten/kota pada Senin (23/4) di Kebon Seni, Turusgede, Rembang. Acara yang diadakan oleh Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Provinsi Jawa Tengah ini kental dengan nuansa tradisional.

Lakon Pesugihan Kandangmas (Dewi Nawangsih) ditampilkan dengan kesan tradisional lewat tarian dan iringan gamelan. Namun, sentuhan modern juga nampak pada iringan bass dan gitar listrik serta dialog yang lebih jenaka. Kelompok Wayang Gojek Waryoto Giok Kudus juga menyisipkan pesan untuk berpesta rakyat secara damai, sesuai tema yang diambil yakni Pilkada Damai. Dua tema lain yang disediakan oleh panitia adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan Bulan Bakti Gotong Royong.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, Dra Evi Sulistyorini MM dalam sambutannya berharap agar pagelaran seni ini bisa menjadi alternatif media informasi masyarakat. “Apalagi acara kali ini dibarengi dengan deklarasi anti hoax,” ujarnya. Tidak hanya seremonial, namun juga dibarengi tindakan nyata untuk tidak menyebarkan hoax, maupun tidak membuat berita bohong. Dirinya menyatakan bahwa pagelaran Festival Pertunjukkan Rakyat kali ini tak hanya meningkatkan ekonomi daerah, seni, dan tradisi daerah, tapi juga sebagai media alternatif dalam menginformasikan berbagai kegiatan pembangunan di Jawa Tengah.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz yang membuka acara juga menyatakan bahwa seni budaya ini merupakan sejarah peninggalan nenek moyang yang mampu mempersatukan anak bangsa. “Kita akui medornisasi sarana telekomunikasi menyebabkan kesenian tergeser,” ujarnya. Namun, sebagai anak bangsa, wajib hukumnya melestarikan seni budaya pemersatu bangsa. “Tidak hanya sebagai seni pertunjukkan, seni budaya juga sarana informasi dengan masyarakat dengan tindakan-tindakan nyata,” ujarnya.

Perwakilan dari kabupaten Rembang, Jepara, Batang, Pati dan Blora ikut ambil bagian dalam Seleksi Festival Pertunjukan Rakyat kemarin. Di Jawa Tengah, seleksi ini sudah diadakan di tiga daerah, yakni di Pekalongan, Boyolali dan kemarin dilaksanakan di Rembang. Daerah yang akan datang yakni di Purwodadi, dan Semarang. Nantinya, pemenang seleksi Rembang akan maju di final tingkat Jawa Tengah. Sebelum seleksi dilaksanakan, ada deklarasi anti hoax yang dilakukan oleh pengurus FK Metra Jateng, pelaku seni, dan mayarakat Rembang.