Bupati Apresiasi Hasil Kerja Satgas TMMD Pada Upacara Penutupan TMMD ke-101

 03-05-2018 13:05 WIB by Admin  52x    News
KUDUS – Sudah 30 hari Kemanunggalan TNI-Rakyat Membangun Desa dilaksanakan. Untuk menutup program TMMD ini, dilakukan upacara penutupan TMMD ke-101 Sengkuyung Tahap I TA. 2018 di Alun-Alun Kudus pada Kamis (3/5). Bupati Kudus H. Musthofa yang bertindak sebagai inspektur upacara menyatakan apresiasi atas pengabdian Satgas TMMD kepada warga.
 
Ia mensyukuri atas pencapaian Satgas TMMD dalam kurun waktu tersebut. “Semoga itikad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus ini dapat berjalan lancar dengan masyarakat di sekeliling kami,” ujarnya. Ia berharap tak hanya membangun infrastruktur, tapi juga mampu membangun karakter bangsa, terutama generasi muda yang kompetitif dan kemandirian bangsa. Harapannya juga agar hasil semngat yang signifikan ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar.  
 
 
Penutupan TMMD dilakukan serentak di 50 wilayah di Indonesia. Dukungan anggaran dari Pemda mencapai 86.935 milyar untuk pekerjaan fisik dan nonfisik. Tercatat 272 sasaran fisik telah dituntaskan, berupa pembangunan sarana transportasi dan rehabilitasi jalan, pembuatan dan perbaikan sarana irigasi dan sanitasi, rumah ibadah, tempat tinggal, dan sekolah serta berbagai pusat kegiatan masyarakat.
 
Sementara, Satgas TMMD melaporkan hasil Pelaksanaan Operasi TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2018 Kodim 0722/Kudus Korem 073/ Makutarama yang dibuka pada 4 April 2018 dan ditutup pada 3 Mei 2018. TMMD ini berlokasi di desa Gondangmanis, Bae Kudus. Sasaran pokok selesai 100 persen berupa pengecoran/betonisasi dan pembuatan talud jalan. 
 
Sementara sasaran non fisik dilaksanakan sesuai jadwal antara lain penyuluhan bela Negara, penyuluhan penanggulangan radikalisme, penyuluhan kerukunan antar umat beragama, penyuluhan KB Kes. Kegiatan lainnya yakni penyuluhan Kamtibmas, dan narkoba, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan IV A, penyuluhan kependudukan, pemberdayaan masyarakat, dan pemerintahan desa. Sumber dana berasal dari APBD Provinsi 167,2 juta rupiah dan APBD Kabupaten 200,9 juta rupiah. 
 
Sebagai penutupan simbolis, Satgas TMMD menyerahkan alat pertukangan berupa sekop dan garpu tanah ke inspektur upacara. Selanjutnya, ditutup dengan pemukulan kentongan oleh inspektur upacara didampingi unsur Forkopinda Kabupaten Kudus. Upacara dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, prajurit dan jajaran OPD Kabupaten Kudus