Pengujian Kendaraan Dipantau CCTV

 11-05-2018 09:14 WIB by Admin  115x    News

JATI - Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus meminta publik ikut memantau pembenahan pelayanan di institusi tersebut yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir. Meskipun hasilnya belum sepenuhnya sesuai harapan, setahap demi setahap upaya peningkatan kualitas layanan akan dilanjutkan. Kebijakan itu merupakan penerjemahan instruksi Bupati Kudus.

Pelaksana Kadinas Perhubungan, Sam’ani Intakoris mengakui, banyak hal harus dilbenahi. Dia berharap dengan dukungan aparatur sipil negara di Dishub serta disemangati publik, reformasi pelayanan akan mencapai kondisi yang lebih baik. ”Penekanan dilakukan pada kegiatan yang menyangkut pelayanan langsung kepada masyarakat,” katanya.

Dia mencontohkan, proses pengujian kendaraan sekarang dapat dipantau CCTV. Proses dapat diketahui banyak kalangan, khususnya pimpinan perangkat kerja setempat. Paling tidak melalui upaya tersebut, merupakan antisipasi agar proses berjalan secara transparan.

”Publik dapat menyampaikan kepada kami bila ada sesuatu yang dianggap kurang pas,” paparnya. Penguatan pengujian kendaraan, diharapkan dapat mendukung upaya mengurangi kecelakaan. Bila kendaraan yang dioperasionalkan lolos pengujian, dimungkinkan potensi terjadinya kecelakaan dikaitkan kondisi sarana angkutan, dapat dikurangi.

Perbaikan

Keran komunikasi dengan publik dilakukan salah satunya melalui program sarapan gratis yang dimulai Rabu (9/5). Dinas menyediakan 300 porsi sarapan gratis kepada pengemudi yang saat itu mengurus uji kelayakan kendaraan.

Diharapkan, kegiatan tersebut dapat menjadi agenda rutin pada masa mendatang. ”Kami dapat bertanya langsung usulan perbaikan apa saja yang harus dilakukan,” jelasnya.

Seorang pengemudi truk, Sutrimo mengapresiasi upaya dinas yang membuka ruang koreksi publik. Dia berharap, usulan tidak hanya ditampung tetapi juga dilakukan perbaikan. Program sarapan gratis menjadi langkah awal menjaga kedekatan dengan masyarakat. ”Sejauh yang saya ketahui, saat ini kondisinya sudah jauh lebih baik,” imbuhnya. (H8-30).

sumber : suara muria