Kudus Jelang Mudik Lebaran, Dishub Perketat Uji Kir

 11-05-2018 09:28 WIB by Admin  120x    News

KOTA- Jelang Ramadan dan Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus memperketat uji berkala kendaraan (uji kir) kemarin. Hal ini dilakukan agar kendaraan umum bisa digunakan dengan aman dan layak jalan untuk mengangkut penumpang.

Pantauan Jawa Pos Radar Kudus kemarin pagi, Dishub mulai melakukan uji kir. Bahkan tim dishub juga ada yang jemput bola. Misalnya ke garasi atau di jalan raya. Tujuannya, melihat kondisi kendaraan.

Plt Dishub Sam’ani Intakoris mengatakan, rata-rata setiap hari lebih dari 50 kendaraan yang diuji kir. Pengujiannya meliputi rem, lampu, ban, hingga uji kondisi. ”Hari ini (kemarin, Red) kami mulai memperketat pengujian kir. Sejauh ini pengujian berjalan lancar dan tidak ada masalah,” ungkapnya.

Uji kir ini dilaksanakan menjelang Ramadan dan Lebaran. Terlebih kendaraan yang beroperasi luar kota atau antarprovinsi. Harapannya, kendaraan dalam kondisi baik dan laik jalan. Bagi pemudik dalam kondisi yang prima.

Untuk pembayaran, Sam’ani mengatakan, sesuai Perda Kudus Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor, khusus retribusi pengujian berkala untuk jenis mobil barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan (JBB) sampai 9000 kh, yakni Rp 30 ribu. Sedangkan untuk penggantian uji berkala Rp 7.500 per buku dan penggantian tanda Rp 2 ribu. "Untuk penggantian tanda uji berkala Rp 6.500 per pasang. Jika ditotal hanya Rp 46 ribu," jelasnya.

Dia mengimbau bagi kendaraan yang rusak bisa diperbaiki dulu sebelum uji kir. Jika memang belum uji kir, diimbau segera melakukan uji kir.
(ks/mal/lil/don/top/JPR)

sumber : radar kudus