Kominfo Provinsi Undang LKM se-Jateng Untuk Tingkatkan Kapasitas

 06-07-2018 08:03 WIB by Admin  155x    News

JEPARA – Dinas Kominfo Provinsi Jateng menghimbau para LKM (Lembaga Komunikasi Masyarakat)/ KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) se-Jawa Tengah untuk menjadi penyambung lidah pemerintah. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri melalui Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Sudirman, SH.,MM. di Kantor Bupati Jepara kemarin (5/7). Kominfo mengundang LKM untuk sosialisasi peningkatan dan pengembangan.
 
Kominfo provinsi berterima kasih kepada kominfo jepara yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi peningkatan dan pengembangan. “LKM/KIM harus mampu terampil memanfaatkan teknologi informasi dan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi,” ujarnya saat membuka acara sosialisasi tersebut. Dirinya menilai LKM/KIM memliki posisi ujing tombak penyebarluasan informasi di masyarakat. 
 
Sementara Kepala Dinas Kominfo Jepara Yoso Suwarno menyatakan di Jepara ini terdapat 24 LKM dimana 16 LKMnya aktif, sementara 8 LKM lainnya kurang aktif. “Ada beberapa kendala yang masih kami hadapi seperti belum semua wilayah terbuka dan terlayani komunikasi,” ujarnya. Selain itu, ia menyatakan masih banyaknya hoax yang beredar di masyarakat sehingga banyak yang masih salah informasi.
 
Sosialisasi tersebut menghadirkan tiga narasumber. Yang pertama Edi Pranoto yang merupakan Kasi Pengembangan Partisipasi Masyarakat Dispermadesdukcapil Jateng. Dirinya berbicara mengenai pemberdayaan masyarakat. “LKM harus mencari potensi apa yang bisa dikembangkan masyarakat, dan diskusikan pemecahan masalahnya,” ujarnya. Sementara Marwoto yang merupakan penggiat LKM di Jepara bercerita mengenai kesuksesan mengelola obyek wisata Desa Prajan, Jepara yang sekarang dikunjungi sekitar 35.000 orang. Narasumber terakhir adalah Sholikin, penggiat media sosial di Pemalang. Dirinya merupakan penggiat gerakan media sosial yang beretika dan memberdayakan masyarakat. “Media sosial harus dimanfaatkan dengan baik, seperti untuk pemberian informasi kepada masyarakat, ataupun untuk bisnis,” ujarnya. Dirinya juga menjelaskan bnayaknya media sosial yang bisa dimanfaatkan. Sementara bertindak sebagai mediator Kabid Komunikasi Kominfo Jepara, Arif Darmawan, S.Sos, M.H.