KPU Lakukan Do’a Bersama Lintas Agama Usai Sukses Gelar Pilkada

 12-07-2018 14:24 WIB by Admin  28x    News

KUDUS- Sebanyak enam perwakilan pemeluk agama hadir dalam satu panggung semalam (11/7). Mereka datang atas undangan KPU Kudus yang menggelar do’a bersama lintas agama di Alun-Alun Kudus. Do’a bersama ini dilakukan karena Pilkada sudah selesai dan berlangsung dengan kondusif.
 
Tokoh agama yang hadir untuk memimpin do’a yakni perwakilan agama Kristen Katolik diwakili oleh Romo Hardo, agama Kristen Protestan diwakili Pendeta Miljuto, dan agama Hindu diwakili oleh Nawanto. Sementara agama Budha diwakili oleh Romo Suparno, perwakilan Konghucu diwakili oleh Gue Tjwan Gie, dan perwakilan agama Islam diwakili Ikhsan. Tak hanya itu, beberapa perwakilan ormas lintas agama, Kapolres Kudus dan unsur Forkopinda Kabupaten Kudus juga turut datang.
 
Ketua KPU Kabupaten Kudus Moch Khanafi menyatakan partisipasi masyarakat di dalam Pilkada kemarin mencapai sekitar 84 persen. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kudus yang telah menyalurkan hak pilihnya kemrin, dengan ikhlas, dan brtanggung jawab,” ujarnya. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport penyelenggaraan Pilkada, seperti Kepolisian, TNI, pimpinan perguruan tingggi di Kudus maupun para Calon Bupati Kudus yang menjaga konduktifitas selama Pilkada.  Ia juga menyampaikan bahwa proses administrasi Bupati Kudus terpilih berikutnya menunggu Mahkamah Konstitusi.
 
Sementara Bupati Kudus H. Musthofa yang diwakili oleh Agus Budi Satrio, asisten I Sekda Kudus, menyatakan bahwa Pilkada kali ini adalah kesuksesan masyarakat Kudus yang patut dibanggakan. “Semoga pelaksanaannya selalu terjaga baik, dan tingkat partisipasi masyarakat lebih meningkat,” ujarnya. Ia berujar penyelenggaraan Pilkada yang aman dan kondusif ini membuktikan warga Kudus telah mampu melaksanakan demokrasi dengan baik dan menggunakan hak pilihnya secara bijaksana. Dirinya juga mengapresiasi acara do’a bersama untuk menutup gelaran Pilkada.
 
 
Begitu pula KH.Ahmad Hamdani Hasanuddin Lc, MA, Ketua MUI Kudus maupun Kapolres Kudus Agusman Gurning yang ikut mengapresiasi gelaran Pilkada yang damai dan jauh hal negatif. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), KH. Dr.M Ikhsan juga menyatakan semua tokoh agama sealu berkoordinasi agar menjaga konduktifitas serta keamanan selama Pilkada. “Tentunya agar tidak terjadi politisasi agama,” ujarnya. 
 
Acara semakin meriah dengan adanya pembacaan puisi oleh Kapolres Kudus yang berjudul ‘Kudus, Pestamu Telah Usai’. Dirinya mengaku membuat puisi tersebut dalam waktu 30 menit saja. “Puisi ini saya dedikasikan untuk Paslon, penyelenggara Pilkada, Panwas, Pemda, Polres, Kodim, dan masyarakat Kudus semua,” ujarnya sebelum memulai berpuisi. Ada juga barongsai Satya Dharma dari Klenteng Hok Hien Bio Kudus, sajian gamelan, dan syair-syair.