Peresmian Mapolres Baru untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

 31-07-2018 23:20 WIB by Admin  84x    News

KUDUS-Peresmian Mapolres Kudus yang baru diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kudus. Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kudus beserta Penjabat Sekda dan Pimpinan OPD, Ketua DPRD Kudus, Ketua MUI Kudus, Komandan Kodim Kudus, Kapolda Jawa Tengah, Kapolres Kudus beserta anggota kepolisian.  Mapolres baru tersebut diresmikan pada Selasa (31/7).

“Pembangunan Mapolres Kudus merupakan langkah strategis untuk mengikuti perkembangan Kota Kudus, ” ujar Bupati Kudus Musthofa. Pembangunan Mapolres Kudus merupakan hasil kerja sama semua pihak. Pemda telah berkerja sama dengan DPRD memberi hibah berupa tanah untuk pembangunan Mapolres baru. Dengan adanya kantor baru diharapkan pelayanan dapat ditingkatkan. “Besar bangunan Mapolres harus diiringi pula dengan besar manfaatnya, ” kata Musthofa. Selain itu ia berharap peran masyarakat dapat hadir di lingkungan Mapolres bukan sebagai momok masyarakat, namun sebagai mitra kepolisian. Musthofa juga siap menganggarkan isi perlengkapan Mapolres baru. “Pembangunan mapolres ini diharapkan mampu menjadi inspirasi Kabupaten lain di Jawa Tengah, ” Ujarnya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum sangat berbahagia dengan pembangunan Mapolres Kudus.  Ia mengerti betul kondisi Mapolres lama karena pernah menjadi Kapolres Kudus 18 tahun yang lalu. Ketika itu anggota kepolisian Kudus hanya memiliki ruang kantor yang terbatas. “Waktu itu Mapolres tidak sebanding dengan jumlah anggota kepolisian, sehingga antar unit kepolisian hanya dibatasi sekat-sekat, “ ujarnya. Dia juga mengatakan bahwa “Anggota yang menempati Mapolres ini juga harus meningkatkan semangat dan kinerjanya serta membawa manfaat untuk masyarakat Kudus, “. Ia juga berpesan “Bangunan Mapolres berkualitas Mapolda ini untuk dirawat dengan baik sehingga usia pakai panjang, “.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kudus dan DPRD yang telah menghibahkan tanah dan bangunan untuk pembangunan Mapolres baru. Tak lupa dia juga mengucapkan terima kasih untuk mantan Kapolres Kudus Komjen Purn. Drs. H Noor Ali dan AKBP Andy Rifa’i yang merupakan perintis pembangunan Mapolres tersebut. Mapolres lama dengan luas 6.200 meter dinilai kurang maksimal untuk melayani jumlah masyarakat Kudus yang semakin berkembang. “Gedung baru dengan luas 15.000 meter atau 1,5 hektar lebih representatif dibanding dengan mapolres lama, ” ujarnya.  Kapolres Kudus mengatakan bahwa “Semoga gedung baru dapat meningkatkan performa, semangat dan lebih profesional modern dalam mengayomi masyarakat, ”. “Gedung ini masih belum terisi perlengkapan mebel dan isinya, pihak polres sudah mengajukan RAB sebesar 2,9 M, ” Ujar Kapolres Kudus. Ia berharap agar dapat diajukan untuk perubahan anggaran bulan Agustus. Sehingga Mapolres baru dapat segera digunakan.

Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Irjen Pol Drs. Condro Kirono dan H. Musthofa. Kemudian mereka masuk kedalam Mapolres baru untuk meninjau pembangunan dari dalam gedung.  Bangunan tersebut akan dituntaskan dengan pengadaan perlengkapan Mapolres agar siap dioperasikan.