Pemkab Banjarnegara Belajar Mekanisme TPP Berdasarkan Kinerja di Pemkab Kudus

 02-10-2018 15:37 WIB by Admin  96x    News

KUDUS- Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengadakan kunker ke pemerintah Kabupaten Kudus mengenai Studi Referensi Pemberian Tunjangan Kinerja pagi ini (2/10). Rombongan yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Banjarnegara, Tin Sumarwati, S. Sos, MM. diterima langsung oleh Asisten Administrasi Sekda Kudus, Mas'ut, SH. M.Hum. di Ruang Command Center Diskominfo Kudus.

Tin bercerita bahwa mereka sempat mengunjungi Kudus untuk belajar sistem akuntabilitas. “Kami sedikit-sedikit sudah menerapkannya, dan kami sekarang akan belajar sesuatu yang lain di Kudus yakni mengenai tunjangan kinerja,” ujarnya. Ia dengan sedikit bercanda berharap Kudus tidak ‘eman-eman’ dengan Pemkab Banjarnegara. “Kami ingin melihat kebijakan perencanaan penganggaran itu seperti apa, pemberian tunjangan seperti apa, mekanisme, bobot dan perhitungannya seperti apa, dan komposisinya seperti apa,” ujarnya. Dirinya menyatakan sudah mampir ke beberapa kabupaten untuk mencari banyak referensi. “Kami berharap adanya kunjungan ini baik Pemkab Banjarnegara dan Pemkab Kudus bisa saling bertukar informasi,” ujar Tin.

 
Sementara, Mas’ut yang membacakan sambutan Bupati Kudus mengucapkan selamat datang kepada segenap Pemkab Banjarnegara. “Kunjungan ini merupakan kesempatan untuk saling memberi dan menerima informasi dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan ke kita sekalian,” ujarnya. Ia mengawali penjelasan mengenai TPP Kudus yang katanya tertinggi se-Jawa Tengah. “Selama ini, kami selalu mengembangkan aplikasi e-performance,” ujarnya. Sehingga itu bisa menjadi pengukur kinerja dari ASN yang ada di Kabupaten Kudus. Dasarnya adalah penganggaran berbasis kinerja. Ada satu komponen tambahan yang terintegrasi dengan aplikasi tersebut yakni dengan sistem penghargaan dan hukuman. “Harapannya dengan tingginya TPP ini, lebih meningkatkan kesejahteraan untuk  kinerja yang semakin baik pula,” ujarnya. Hal ini bertujuan agar warga puas dalam mendapat pelayanan pemerintah Kabupaten Kudus. Mas’ut juga sedikit memaparkan Kudus dan mengenalkan visi yang terilhami dari Sunan Kudus yakni ‘Gusjigang’ yakni bagus tingkah lakunya, pintar mengaji, dan pintar berdagang.