Tingkatkan Kelancaran Operasional, Bupati Kudus Cek Mobil Dinas

 09-10-2018 13:43 WIB by Admin  79x    News

KUDUS- Dalam rangka meningkatkan keselamatan berkendara dan kelancaran operasional di lingkungan Pemkab, Bupati Kudus HM. Tamzil melakukan pengecekan mobil dinas usai apel selasa pagi (9/10). Puluhan mobil dinas terparkir rapi di pelataran pendopo yang siap diperiksa kebersihan, kondisi serta kelengkapannya.

Tamzil mengutarakan maksud dan tujuan dikumpulkannya mobil dinas di pelataran pendopo pada apel pagi. Dirinya ingin meninjau kondisi dan kelengkapan mobil dinas. Terutama mobil dinas yang berusia sepuluh tahun lebih. Tamzil melibatkan staf dari masing-masing OPD untuk ikut melakukan pengecekan mobil dinas yang berjumlah puluhan. Selain untuk mengefisienkan waktu, dirinya ingin hasil penilaian bersifat objektif. “satu mobil di cek lima orang, bawa kertas untuk di catat timnya dan di cek kebersihannya dalam dan luar, lampu, rating, klakson, kondisi mesin, maksud saya biar tahu jika mobil sudah saatnya diganti,” ujarnya.

Didampingi Wakil Bupati HM. Hartopo dan Sekda Samani, Tamzil berkeliling untuk meninjau kondisi mobil dinas secara langsung. Tamzil memulai pengecekan dengan melihat kondisi kebersihan mobil. Selanjutnya dirinya memeriksa kondisi ban, lampu, dan mesin mobil sembari menanyakan usia mobil, bahan bakar yang digunakan kepada pemilik mobil dinas masing-masing.

Usai melakukan pengecekan, Tamzil mengungkapkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mobil dinas Camat dan Kabag rata-rata keluaran 2007 atau sudah berusia lebih dari sepuluh tahun. Kemudian untuk mobil dinas kepala OPD rata-rata keluaran 2009. Dirinya juga mengatakan bahwa mobil dinas idealnya lima tahun, karena jika usia mobil terlalu tua dikhawatirkan akan menganggu tugas. “Setelah kita evaluasi nanti, kita akan bertahap juga untuk mengganti mobil, terutama yang melayani masyarakat, mobil operasional dan sebagainya. Idealnya mobil dinas itu lima tahun, kalau kita tidak perhatikan itu nantinya menganggu tugas,” ungkapnya.

Nantinya, pergantian mobil dinas akan dilakukan secara bertahap. Mobil dinas Camat dan Kepala Bagian akan masuk dalam gelombang pertama karena untuk operasional melayani masyarakat. Selanjutnya diikuti Kepala OPD dan eselon tiga yang ada di masing-masing dinas.  “Untuk operasional misalnya Camat, Kepala Bagian mungkin satu gelombang, nanti gelombang kedua mungkin kepala dinas nanti gelombang ketiga eselon tiga yang ada di dinas itu,” pungkasnya.

Tamzil juga memberikan peringatan untuk Camat yang kinerjanya tidak bagus, nantinya mobil dinas akan diganti motor dinas. “Kalau kinerjanya tidak bagus, perawatannya tidak bagus, nanti diganti motor. Jadi, orang kalau kinerjanya tidak bagus jangan dilorot eselonnya tapi dikasih fasilitas yang sama dengan staff,” imbuhnya.