Bupati Kudus Minta Peserta Pelatihan Tim Perencanaan Pembangunan Daerah Buat Program yang Strategis

 12-10-2018 11:13 WIB by Admin  76x    News

KUDUS-Bupati Kudus H.M. Tamzil membuka pelatihan teknis perencanaan pembangunan daerah bekerjasama pemerintah Kabupaten Kudus dengan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung di lantai 4 Gedung Setda Kudus Kamis pagi (11/10). Dirinya meminta agar peserta pelatihan dari berbagai OPD ini membuat program yang strategis.

"Saya harap pelaksaaan membuat RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) nantinya tidak tebal, tipis saja, kalau narasi kebanyakan malah dicurigai copy paste," ujarnya. Program yang disusun harus jelas dan bisa dilaksanakan setiap tahun dan sesuai visi misi. "Tipis tapi sistematis, sehingga memudahkan setiap OPD dan juga saya," ujarnya. Sehingga dalam pelaksanaan tak dikejar target dan menyebabkan stress. "Mungkin apa yang perlu lebih didetailkan. Kami mungkin tidak membahas lebih detail mengenai infrastruktir, mungkin PUPR bisa lebih detail," ujarnya. Dan yang paling penting, berbasis teknologi.


Dirinya menyatakan bahwa acara ini sangat penting karena keberhasilan suatu program diawali dengan perencanaan. "Baik perencanaan teknis maupun non-teknis seperti manajemen," ujarnya. Tamzil menyambut baik pelaksanaan ini. "Mohon ikuti sebaik-baiknya, karena perencanaan adalah suatu hal yang penting bagi suatu daerah," ujarnya.


Ada 40 orang peserta yang terdiri dari masing-masing OPD di Kudus. Acara pelatihan ini berlangsung selama 18 hari, dengan rincian 14 hari di Gedung Balai Diklat Sonya Warih Menawan dan empat hari di OPD masing-masing. Tujuan diklat ini untuk memberikan pelatihan teknis tentang perencanaan pembangunan daerah terkait visi dan misi bupati terpilih. Lalu diwujudkan dalam penyusunan RPJMD.