Wakil Bupati Minta Penyandang Disabilitas Intelektual Diberdayakan dan Dipenuhi Haknya

 12-10-2018 11:19 WIB by Admin  89x    News

Kudus (12/10) - Wakil bupati Kudus H.M. Hartopo meluncurkan Sheltered Workshop Peduli "Mugi Berkah" Kudus yang bekerja sama dengan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) "Kartini" Temanggung, pagi tadi. Bertempat di balai desa Demaan Kudus H.M. Hartopo hadir bersama Kepala BBRSBG Kartini, Dra. Muhardjani M.P., Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kudus dan unsur Forkopimda Kudus.

H.M. Hartopo menekankan pentingnya memanusiakan manusia tak terkecuali terhadap para penyandang disabilitas intelektual. Oleh sebab itu, dirinya sangat mengapresiasi BBRSBG Kartini yang turut andil dalam pemberdayaan penyandang disabilitas intelektual di Kudus, "Kami sangat mengapresiasi ibu Muhardjani, jarang kita dapat menemui seorang seperti ibu yang berjiwa sosial tinggi dan mau membantu adik-adik disabilitas ini, mereka juga sama seperti kita jadi tolong dimanusiakan dan mari kita penuhi haknya juga" ungkapnya.

Dirinya juga menyoroti bahwa penyandang disabilitas intelektual ini sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat. "Mari kita bantu adik-adik kita ini. Mereka butuh bantuan kita. Jangan anggap sebelah mata nyatanya mereka bisa membuat sebuah karya," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya akan meminta dinas terkait pembuatan surat edaran tentang kontribusi pegawai dinas untuk membantu kaum penyandang disabilitas dengan membeli produk yang dihasilkan," Nanti saya minta tolong kepada pak Lutful untuk membuat surat edaran supaya pegawai di pemkab Kudus bisa membeli produk dari adik-adik kita," ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.

Kepala BBRSBG Kartini mewakili Kementerian Sosial RI, Dra. Muhardjani, M.P., mengungkapkan bahwa pemerintah kabupaten Kudus sangat baik terhadap kegiatan ini, "Kami sangat bangga, pemerintah kabupaten hadir untuk penyandang disabilitas intelektual," ungkapnya. Selain itu, pihaknya juga menyoroti komitmen pemerintah kabupaten Kudus untuk penyandang disabilitas intelektual di Kudus, "Kami ucapkan terima kasih kepada pak wakil bupati, kemarin kami ketemu langsung dan beliau memiliki komitmen penuh untuk membantu dan memfasilitasi peyandang disabilitas intelektual di Kudus," tutupnya.

Usai meresmikan Sheltered Workshop Peduli "Mugi Berkah" Kudus, H.M. Hartopo melihat langsung produk hasil karya penyandang disabilitas intelektual seperti batik ciprat, keset dan ternak.