Kuatkan sinergi untuk sukses acara di OPD, Pemkab gelar bimtek keprotokolan.

 08-11-2018 07:28 WIB by Admin  47x    News

Kudus – Protokol merupakan faktor penting dibalik kesuksesan suatu acara. Oleh karenanya, pada hari ini, bertempat di gedung setda lantai IV, Pemkab Kudus menyelenggarakan Bimtek Keprotokolan, yang ditujukan bagi petugas protokol mandiri/staf di OPD di bidang keprotokolan. Menurut Frida, Kasubag protokol di bag umum setda Kab Kudus, yang sekaligus menjadi inisiator kegiatan ini, bimtek ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman dan pengetahuan keprotokolan agar penyelenggaraan kegiatan/acara di OPD dapat terlaksana dengan baik.

Bimtek yang merupakan bagian dari proyek perubahan yang dilakukannya ini, memberikan dasar-dasar keprotokolan yang mengacu pada Uu no 9 th 2010 ttg keprotokolan. Dalam kesempatan tersebut, tidak hanya teori saja yang diberikan, namun langsung praktek dengan dipandu oleh para praktisi yang telah berpengalaman di bidangnya.

Adalah Diah Binarti, SH,SS seorang protokol senior di Pemprov Jateng yang menjadi pemateri pertama dan Lisa Karlina, S.Pd, praktisi MC di sesi yang kedua, Keduanya memberikan penjelasan yang gamblang di sertai beberapa contoh kasus yang terjadi pada acara-acara yang diselenggarakan di daerah maupun di provinsi.

Diah Binarti dalam penjelasannya, menyampaikan bahwa masih adanya kerancuan persepsi tentang protokol dan mc. “Padahal mc hanya sebagian kecil dari protokol. Pemahaman ini harus diluruskan”, ujarnya. Dirinya juga menggaris bawahi pentingnya koordinasi, karena biasanya ada detil-detil yang berbeda antara daerah dan provinsi.

Sementara dalam sambutan pembukaannya, Staf ahli bidang keuangan dan SDM, Dra Wahyu Haryanti, mengapresiasi kegiatan ini. Bimbingan teknis mengenai keprotokolan sangat diperlukan untuk menyatukan persepsi antar aparatur protokol dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus.