Desa Berinovasi, Jangan Takut !

 09-11-2018 07:23 WIB by Admin  63x    News

Kudus (8/11) - Menciptakan suatu produk atau karya memang tidak mudah. Diperlukan suatu inovasi agar produk tersebut memiliki ciri khas dan menjadi lebih baru. Tak terkecuali, produk atau karya dari inovasi desa di kabupaten Kudus yang dipamerkan pada Bursa Inovasi Desa di Taman Budaya Bae, pagi tadi.

Bupati Kudus, H.M. Tamzil mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut dan mendorong supaya pemerintah desa lebih dapat mengoptimalkan dana desa, "Saya apresiasi kegiatan ini. Untuk para kepala desa, manfaatkan dana desa ini tidak hanya untuk membangun secara fisik saja tetapi kegiatan inovasi desa juga didukung," ungkapnya. Bagi Tamzil, inovasi desa yang dihasilkan oleh masyarakat akan membantu perekonomian mereka.

Selain itu, pihaknya mengakui bahwa masih ada kendala dalam memunculkan potensi desa utamanya mengenai sumber daya manusia, "SDM di desa harus kita bimbing, supaya kendala-kendala yang dialami dapat segera dicarikan solusi, kampus siap masuk ke desa," imbuhnya. Meski begitu, Tamzil tetap optimis bahwa masyarakat desa mampu untuk berkreasi dan berinovasi lebih baik lagi, "Jangan takut berinovasi, kami dorong untuk para kepala desa terus mencari potensi desanya, digali, dirembug, dan diwujudkan secara nyata," ucapnya.

Sebagai tambahan, Bupati Tamzil juga memiliki tiga menu pokok untuk dapat diaplikasikan di desa agar desa tersebut menjadi lebih  sejahter dan maju, diantaranya posyandu, sedekah sampah dan kampung IT.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Adhy Sadhono berujar bahwa pemanfaatan dana desa harus lebih berkualitas, utamanya dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat desa, "Kalau bisa kegiatan inovasi desa masuk Musrenbangdes dan APBDes, sehingga dapat membantu ekonomi rakyat," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Edi Pranoto yang mewakili Dispermadesdukcapil Jawa Tengah, Edi Pranoto yang menggaris bawahi pentingnya dana desa dioptimalkan untuk membantu ekonomi rakyat, "Harusnya kebutuhan mendasar masyarakat juga dipenuhi, selain membangun infrastruktur, sehingga ekonomi rakyat juga tambah bagus,' ujarnya.