Wakil Bupati Kudus Sampaikan Peningkatkan Kapabilitas APIP di Lawasda

 04-12-2018 15:49 WIB by Admin  167x    News

KUDUS-Wakil Bupati Kudus H.M. Hartopo hadir dalam Rapat Dinas Gelar Pengawasan Daerah (Lawasda) Kabupaten Kudus pagi ini (4/12) di Lantai IV Gedung Setda Kudus. Rapat mengenai meningkatkan kapabilitas APIP sebagai lembaga penjamin dan konsultan menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.


Inspektorat harus mampu menjadi lembaga berperan sebagai konsultan dan penjamin kualitas atas penyelenggaraan pemerintahan. “Hal ini dapat terwujud bila diimbangi dengan peningkatan kapabilitas APIP yang ada,” tuturnya.


Kegiatan Lawasda ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun, namun diharapkan kegiatan ini bukan sekedar seremonial saja. Tindak lanjut hasil pengawasan ini segera diselesaikan dengan melaksanakan tindak lanjut hasil pengawasan. “Saya harap acara ini meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pimpinan OPD dan obyek pengawasan lainnya tentang pentingnya tindak lanjut hasil pengawasan,” ujarnya.
 

Saat ini masyarakat makin sadar dan menuntut haknya untuk mendapat akses informasi penyelenggara pemerintah yang akuntabel, dan pelayanan publik yang berkualitas serta professional. Kondisi ini membwa konsekuensi dalam menyelenggarakan pemerintah menuju tata pemerintahan yang baik dan bebas KKN.


Dalam acara ini diberikan penghargaan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah kepada perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kudus. Ada tiga terbaik yang diambil dalam penghargaan ini. Terbaik satu diraih oleh DPMPTSP Kabupaten Kudus, terbaik dua diraih oleh Dinas Dukcapil Kudus, dan terbaik ketiga diraih oleh BPPKAD.

Ketua penyelenggara acara, Inspektur Kabupaten Kudus, IR Adhi Hardjono mengungkapkan peserta rapat terdiri dari seluruh perwakilan OPD Kudus, camat, dan kepala desa di Kudus. Sambutan pengarahan disampaikan oleh instansi terkait di tingkat provinsi, yakni Tri Widyantoro, S.ST., M.S.I.T., Ak., C.P.A. dari BPK Perwakilan Prov Jateng, lalu Samono, Ak., CA., CFra., QIA dari BPKP perwakilan Provinsi Jateng dan Sutaryo, SE. perwakilan dari Inspektorat Provinsi Jateng.