Wabup : Seni Budaya Sebagai Pembangunan Karakter dan Mentalitas Bangsa

 11-02-2019 08:20 WIB by Admin  196x    News

KUDUS (10/2) - Pembangunan karakter dan mentalitas bangsa tak lepas dari peran pengembangan seni budaya. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kudus H. M. Hartopo ketika menghadiri ‘Pentas Budaya dan Seni Nusantara’ yang digelar oleh Nusantara Management. Pentas yang diselenggarakan di Lapangan Desa Tanjungrejo tersebut menghadirkan beberapa artis dangdut tanah air, salah satunya Febi KDI.

H. M. Hartopo mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut sebagai ajang pengembangan seni budaya dan sebagai hiburan bagi masyarakat. “Atas nama pemerintah Kabupaten Kudus dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada Nusantara Management atas peran sertanya untuk menggelar kegiatan ini dengan harapan dapat menghibur masyarakat Kudus,” ujarnya.

 “Pentas budaya dan seni nusantara memiliki arti dan esensi yang cukup penting, selain dapat menggugah semangat patriotisme dan nasionalisme juga sebagai sarana pengembangan seni dan budaya,” katanya. Sehingga bidang seni dan budaya sangat terkait dengan ekspresi dan penghayatan nilai-nilai kehidupan. Diantaranya nilai-nilai keindahan, kejiwaan, kerohanian yang mencakup aspek-aspek spiritual masyarakat secara total dan komperhensif.

Menurutnya, sudah saatnya mengaktualisasikan seni budaya sebagai basis utama pembangunan mental spiritual masyarakat. Dengan demikian dapat menjadi landasan yang kuat bagi kokohnya wawasan kebangsaan dan jadi diri kehidupan bangsa. Serta melalui paradigma baru pengembangan kebangsaan yang lebih demokratis, jujur dan transparan. “Ditempuh dengan memacu pengembangan seni budaya sebagai bagian dari pembangunan karakter dan mentalitas bangsa,” pungkasnya.