WASPADAI BENCANA ALAM DI KUDUS, EVAKUASI WARGA DIPUSATKAN DI KECAMATAN KOTA

 11-02-2019 15:26 WIB by Admin  205x    News

KUDUS- Pagi ini (11/2) sedang berlangsung Rapat Koordinasi Antisipasi dan Penanggulangan Bencana Kecamatan Kota Kabupaten Kudus ke-9 di aula Kecamatan Kota yang dipimpin langsung oleh Bupati Kudus HM. Tamzil, Kecamatan Kota merupakan kecamatan terakhir yang mendapatkan kunjungan penyuluhan antisipasi bencana alam. Rapat ini di ikuti oleh unsur Muspika, BPWS Pemali juwana, Asisten 1 Sekda, BPBD, unsur Forkopimda, seluruh Kepala desa dan kelurahan se-Kecamatan Kota.

Bencana Alam memang datangnya tidak bisa diperkirakan, walau kondisi aman sekalipun bisa saja terjadi. Di kota Kudus, menurut Catur Widiatmo Camat Kota. Walaupun wilayahnya dirasa paling aman dari bencana alam, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi bencana yang bisa diakibatkan oleh faktor human eror semisal bencana kebakaran. Oleh sebab itu, Kecamatan Kota selalu bersiaga dengan sering berkoordinasi dengan BPBD untuk menanggulangi bencana baik faktor alam maupun faktor kelalaian manusia.


"Saya sampaikan di Kecamatan Kota kondisi  yang menghawatirkan adalah kondisi sungai, kita harapkan komitmen Kepala desa untuk menghimbau kepada para warganya dalam menjaga kebersihan saluran sungai. Selain itu saya juga meminta para kades untuk mendukung program Bupati Kudus untuk menjadikan sungai menjadi wahana wisata air. Dengan Program kali bersih (prokasih) kita wujudkan kebersihan dan keindahan sungai untuk menarik minat destinasi wisata masyarakat" ungkap Camat Kota.


Sementara itu, dalam sambutanya Bupati kudus memerintahkan Camat Kota dan seluruh kepala desa untuk mendata bagi warga sosial bantaran kali gelis dan sekitarnya yang mendirikan bangunan ilegal disepanjang aliran sungai untuk direlokasi ke rusunawa yang berada di desa bakalan krapyak kaliwungu kudus. karena normalisasi sungai sangat dibutuhkan untuk memperlancar debit air yang datang dari hulu yaitu daerah lereng muria.


Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa "Kita meminta kecamatan kota mempersiapkan diri untuk menjadi pusat pengungsian bagi kecamatan lain yang terkena musibah dikarenakan bencana alam karena dirasa menjadi kecamatan yang cukup aman dari bencana alam dibanding kecatan lainya dikota kudus".



"Kita siapkan sarana dan prasarana yang siap buat menampung pengungsi dari kecamatan lain, harus siapkan dari sekarang jika sewaktu-waktu bencana datang kita sdh siap untuk menampung pengungsi, kalau perlu kita siapkan peta pengungsian sekalian kontak person yg selalu siap dihubungi" imbuhnya.



Dalam kesimpulan dari rapat koordinasi antisipasi dan penanggulangan bencana yang dilangsungkan di kecamatan kota, Kabupaten kudus telah siap menanggulangi jika sewaktu-waktu terjadi bencana baik dari faktor alam maupun faktor kelalaian manusia.