High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kudus

 15-03-2019 10:01 WIB by Admin  34x    News

KUDUS - Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kudus berlangsung siang ini (14/3) di Command Center Kabupaten Kudus. Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Kudus HM Tamzil serta dihadiri oleh Wakil Bupati, Kepala OPD terkait, Kepala BPS kab Kudus. Kepala Bulog kab Kudus. Rapat koordinasi diadakan untuk membahas pengendalian kestabilan harga pangan di kabupaten kudus agar tidak terjadi inflasi terlalu tinggi atau deflasi terlalu rendah.

Rapat koordinasi diawali dengan paparan dari Kepala Bappeda tentang kondisi inflasi di kabupaten Kudus  mulai dari  Januari  sampe Februari 2019.

Bupati HM Tamzil Dalam sambutanya mengatakan ingin mempelajari masalah inflasi ataupun deflasi yang terjadi di kabupaten Kudus kepada pihak-pihak terkait serta langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah inflasi ataupun deflasi.

"Dengan melihat grafik angka perbandingan inflasi yang terjadi di kabupaten kudus cukup tinggi dibandingkan wilayah lain di jawa tengah yang diakibatkan ketergantungan bahan pokok dari daerah lain, saya himbau kepada TPID Kab. Kudus agar selalu berkoordinasi dengan BPS untuk menstabilkan angka inflasi karena sangat berdampak kepada perekonomian masyarakat". Ujarnya

Lebih lanjut, dirinya juga memerintahkan kepada satuan pol pp, Instansi terkait dan pihak kepolisian agar sering meninjau harga dengan melakukan sidak bahan-bahan pokok kepada para pedagang atau tengkulak untuk meminimalisir penimbunan stok bahan pokok, apalagi menjelang beberapa bulan sebelum puasa pasti permintaan dari masyarakat tinggi sedangkan stok belum tentu mencukupi.

"Saya harap tim ini dapat saling bersinergi dan bekerjasama dengan baik agar inflasi di kabupaten Kudus ini dapat terkendali," Pungkasnya