Rapat TEPRA April, Bupati Pacu OPD untuk Kejar Target

 18-04-2019 07:45 WIB by Admin  268x    News

KUDUS - Bupati Kudus H.M. Tamzil, Wakil Bupati H.M.Hartopo dan Sekda Sam’ani Intakoris kembali melaksanakan rapat Tim Evaluasi Penyerapan Anggaran (TEPRA) untuk bulan ini di Command Center Pemkab Kudus, Selasa (16/4). Rapat ini rutin dilakukan tiap bulannya dalam rangka percepatan pelaksanaan APBD 2019 di tiap OPD.

H.M. Tamzil ingin melalui rapat TEPRA yang memasuki bulan keempaat, tiap OPD agar lebih dipacu. Terutama bagi OPD yang terlambat memenuhi target ataupun bagi yang masih jauh dari target. Dalam penyerapan anggaran, OPD diharapkan segera untuk menuntaskan proses lelang yang masih berjalan. “Tugasnya anda ini tolong segera dilelang atau langsung ditujuk kalau sesuai aturan yang ada,” ujarnya. Kemudian bagi OPD yang sudah melewati review dari inspektorat untuk mengecek kembali, utamanya mengenai harga satuan pekerjaan. “Yang sudah melewati review sudah ada paling tidak mendekati betul untuk harga satuan pekerjaan, dikoreksi lagi,” imbuhnya.

“Dinas Pendidikan saya kira sudah bagus, Dinkes 18,5% baru 9,65% sangat terlambat, PU jauh sekali baru 22,067%, Kesbangpol masih minus sedikit, Dinas tenaga kerja masih sama dengan target, Dukcapil sudah plus, Perhubungan masih kurang, Kominfo masih terlambat, Penanaman modal masih sama, Pertanian plus, Perdagangan minus,” ujarnya mencermati laporan masing-masing OPD. Dirinya mengimbau kepada OPD yang masih jauh dari target untuk menjadikan hal itu sebagai perhatian khusus, terutama bagi OPD yang memiliki terget besar dalam pendapatan. “Pendapatan saya lihat masih jauh dari target, jadi mohon perhatian target besar di dinas kesehatan, RSUD, dishub, dinas perdagangan,” imbaunya. Selanjutnya pada penyelenggaraan penyerapan anggaran, dirinya meminta inspektorat untuk selalu melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap OPD. “Saya kira perlu pembinaan khusus tiap waktu dimonitor, harap inspektorat bisa memantau pendapatan masing-masing dinas, bisa rapat koordinasi,” imbaunya.

Sam’ani juga turut menegaskan kepada tiap OPD untuk segera mempercepat penyerapan anggaran maupun untuk memenuhi target pendapatan. “Tolong segera mempercepat, rakyat menunggu hasil APBD kita untuk segera dilaksanakan, agar masyarakat segera merasakan hasilnya,” ujarnya.

Sebelum meninggalkan tempat, H.M. Tamzil mengungkapkan rencana untuk mensosialisasikan batik kudusan melalui media mobil dinas. “Supaya nanti tersosialisasikan tentang batik Kudus, saya punya rencana, mobil baru yang putih itu yang punya camat dan kabag, sedikit kita branding batik tidak mencolok tapi masih enak dipandang, desainnya sudah ada, nanti tinggal masing-masing yang punya mobil mem-branding,” katanya. Diharapkan, 17 mobil Xpander tersebut sudah “dibatik” dengan motif batik kudusan pada tanggal 22 nanti.