Gubernur Jateng Serahkan Bantuan Untuk OPD Kabupaten Kudus

 18-04-2019 07:49 WIB by Admin  172x    News

KUDUS - Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo bersama Bupati Kudus H.M. Tamzil dan Wakil Bupati H.M. Hartopo membagikan berbagai bantuan untuk instansi / OPD di Kabupaten Kudus. Penyerahan yang berlangsung di pendopo Kabupaten Kudus ini, sekaligus mengakhiri roadshow gubernur setelah sebelumnya membagikan bantuan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), bantuan untuk pondok pesantren, dan insentif untuk guru ngaji, pada hari yang sama (16/4).

OPD penerima bantuan itu yakni Dinas PUPR Kab. Kudus yang mendapat bantuan rehabilitasi jalan KH. R Asnawi senilai Rp. 2,4 M dan rehabilitasi daerah irigasi karanggayam senilai Rp. 2 M, adapun Pemdes Undaan Lor mendapatkan bantuan untuk kegiatan peningkatan ketahanan masyarakat senilai Rp. 20 juta dan operasional KPMD senilai Rp. 5 juta. Selain itu, juga berlangsung penyerahan bantuan kepada Masni warga Kelurahan Wergu Kulon berupa kartu jateng sejahtera; Panti Asuhan Darussalam, Desa Jurang menerima bantuan 1 buah sepeda motor; Panti Asuhan Darul Hadlonah menerima bantuan senilai Rp. 10 juta; KT Midoro, Desa cranggang menerima bibit kencur 2 ha atau 3000 kg, pupuk organik 2000 kg, pestisida 20 unit, hand traktor 1 unit, handsprayer 2 unit senilai Rp. 156,5 juta; Ngatini warga Desa Jepang Pakis menerima kartu JKN / KIS; Sunarto warga Desa Wates menerima dana operasional kegiatan usaha pangan masyarakat senilai 60 juta.

Ganjar mengungkapkan bantuan yang baru saja diserahkan tidak hanya untuk pembangunan fisik saja, namun juga untuk membangun perekonomian masyarakat. “Membangun tidak hanya fisik saja. Ada ibu-ibu yang naik kursi roda, kita cari ada berapa orang di Jawa Tengah yang tidak bisa bekerja sama sekali. Maka yang sedemikian adanya kita bantu ada kartu jateng sejahtera (KJS), ibu akan mendapatkan 250 ribu setiap bulannya,” ujarnya kepada penyandang disabilitas penerima KJS. Nilai tersebut dapat naik atau turun dikarenakan jumlah penerima juga dapat bertambah maupun berkurang.

Penyerahan bantuan ini semata-mata sebagai bentuk jawaban secara langsung dari pemprov atas permasalahan yang terjadi pada masyarakat. “Kita langsung merespon apa yang selama saya menjelang kunjungan ini lapor ke saya, paling banyak kesehatan, pendidikan sampai rumah tidak layak huni, hari ini kita serahkan pada masyarakat langsung,”. Selain itu, kunjungannya ini juga sekaligus untuk mengecek kesiapan forkopinda kabupaten dalam pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung esok hari. “Sekaligus kita nge-cek persiapan-persiapan untuk pemilu besok, alhamdulillah sudah siap forkopinda-nya juga sudah siap, mudah-mudahan semua nanti lancar,” imbuhnya.

Atas nama masyarakat Kudus, H.M.Tamzil menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. “Pak Gubernur, saya atas nama masyarakat Kudus menyampaikan terima kasih atas kehadiran bapak dapat untuk berkunjung ke Kabupaten Kudus dalam rangka kunjungan kerja mulai dari tadi siang sampai sore hari ini merupakan titik keempat,” tuturnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang setia menunggu kehadiran gubernur di pendopo kabupaten. Dirinya berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya dan untuk pemerintah provinsi dapat terus meningkatkan bantuan-bantuan yang ada.