Hadiri Penutupan TMMD, HM Hartopo Apresiasi Peran TNI Dalam Pembangunan Daerah

 08-08-2019 13:51 WIB by Admin  128x    News

KUDUS - Bertempat di lapangan Desa Lau, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, pada Kamis (8/8) pagi, berlangsung upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke-105 tahun 2019.

Acara yang mengambil tema "Melalui TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat" tersebut dipimpin oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo, dengan dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Sekda Kabupaten Kudus, Assisten Sekda, Tokoh Lintas Agama, Veteran, serta melibatkan para peserta yang terdiri dari prajurit TNI, Polri, segenap satgas TMMD serta pelajar.

TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan lembaga pemerintah departemen, lembaga pemerintah non departemen dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainya sebagai salah satu wujud operasi bhakti TNI, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama rakyat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah dan pedesaan.

Dalam acara tersebut Plt. Bupati Kudus HM Hartopo yang bertugas menjadi inspektur upacara penutupan TMMD mengatakan, bahwa TMMD tahap kedua di tahun 2019 ini adalah wujud pengabdian TNI bersama Kementrian dan Lembaga lainnya, serta pemerintah daerah untuk membantu mempercepat pembangunan didaerah demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“Makna yang terkandung dari tema dalam acara ini adalah TNI bersama dengan Pemerintah daerah dan masyarakat, secara bersama sama melaksanakan proses pembangunan fasilitas umum maupun fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” Terangnya.

“Selama TMMD inilah para TNI hadir ditengah masyarakat untuk memberikan semangat gotong royong dan energi positif untuk kemajuan di daerah," Lanjut HM Hartopo.

Lebih lanjut, dirinya selaku pemerintah daerah memberikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh pihak utamanya prajurit dan masyarakat dengan segala dukunganya yang telah mencapai target yang diharapkan.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam TMMD ini meliputi kegiatan fisik, berupa pembangunan insfrastruktur sarana transportasi jalan, jembatan, saluran irigasi, renovasi dan pembangunan rumah ibadah, sekolah serta pembangunan sarana sanitasi warga, sedangankan untuk sasaran kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara, bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, peternakan, perikanan, kesehatan dan lain-lain. Dimana pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memperkokoh jiwa nasionalisme untuk menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa.

Setalah Upacara berlangsung, HM Hartopo menyerahkan bantuan hibah untuk operasional Kodim 0722/kudus, berupa 1 unit mobil Toyota Fortuner dan 102 unit motor, yang diserahkan secara simbolis kepada Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo.