Serahkan Satu Ekor Kerbau, Plt Bupati Kudus Ajak Panitia Kurban Hindari Penggunaan Plastik

 11-08-2019 14:07 WIB by Admin  186x    News

KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus menyumbang dua ekor kerbau pada Hari Raya Idul Adha 1440 H. Hewan kurban masing-masing diserahkan kepada panitia kurban di Menara Kudus dan Masjid Agung. Penyerahan di Masjid Agung dilakukan oleh Plt Bupati Kudus H.M. Hartopo didampingi istri Hj. Mawar Hartopo usai menunaikan sholat Idul Adha. Hewan kurban diterima oleh Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Kudus H. Nurbadi pada Ahad (11/8).

Penyerahan tersebut disaksikan oleh unsur Forkopinda, panitia kurban, dan masyarakat. H.M. Hartopo menyampaikan niat Pemkab Kudus untuk menyumbang satu ekor kerbau kepada panitia kurban. "Saya serahkan hewan kurban dari Pemerintah Kabupaten Kudus kepada Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Kudus Bapak H. Nurbadi," ucapnya.

H.M. Hartopo mengajak seluruh panitia kurban di Kudus untuk menghindari pemakaian kantong plastik sebagai pembungkus daging. Hal itu berkaitan dengan instruksi bupati tentang penggunaan kemasan pembungkus makanan ringan atau makanan berat dari rahan ramah lingkungan dan larangan penggunaan kemasan air minum berbahan plastik sekali pakai atau kantong plastik. "Bisa pakai daun jati, pakai kardus yang bisa didasari pakai kertas pembungkus makanan. Itu harapan kita, betul-betul terakomodir untuk imbauan kemarin," ujarnya.

Mewakili panitia kurban, H. Nurbadi menyampaikan terima kasih atas kemurahan hati Pemkab Kudus. "Alhamdulilah kami panitia kurban Masjid Agung Kudus menerima hewan kurban dari Pemerintah Kabupaten Kudus dari Plt. Bupati bapak H.M. Hartopo. Terima kasih, mudah-mudahan membawa barokah dan keselamatan bagi kita semua," tuturnya.

H. Nurbadi mengungkapkan bahwa tahun ini panitia kurban Masjid Agung telah menerima 11 ekor kambing dan 9 ekor kerbau. Dirinya berkata, kemungkinan jumlah kambing dapat bertambah, sementara untuk jumlah kerbau dipastikan tetap. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan besok pagi, Senin (12/8). "Pembagian daging kurban untuk umum besok sesudah dzuhur, untuk umum ada sebanyak 1800," jelasnya.

Selain itu, Kapolres Kudus AKBP Saptono juga turut menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor kerbau. Hewan kurban tersebut diterima oleh Ketua Panitia Kurban H.M. Makhsun yang selanjutnya dibawa ke tempat penyembelihan yang akan dilaksanakan besok pagi.