Usia Emas, H.M. Hartopo Yakin SMANUAL Taklukkan Tantangan Global

 10-09-2019 08:30 WIB by Admin  62x    News

KUDUS - Semarak dan tumpah ruah. Dua kata yang pas untuk mewakili rangkaian acara puncak Hari Lahir (Harlah) SMA NU Al Ma'ruf Kudus yang ke-50, Senin (9/10) malam. Acara yang berpusat di halaman sekolah berbasis ilmu agama tersebut dipadati ribuan pelajar dan alumni. Bahkan, jalan nasional R. Agil Kusumadya dijadikan tempat nonton bareng lewat layar lebar yang disediakan panitia.

Tak heran, acara yang bertemakan Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng tak jarang menarik animo masyarakat. Terlebih, kehadiran Emha Ainun Najib, yang bergaya nyentrik, acap kali membuat audien semakin kritis. Pasalnya, dalam setiap pengajiannya, pria kelahiran Jombang tersebut berusaha membuat jamahnya, Maiyah, untuk terus berpikir sebijak dan sekritis mungkin dengan tetap menjunjung tinggi nilai Pancasila.

Pada kesempatan Harlah Emas SMA NU Al Ma'ruf, Cak Nun, sapaan masyhur Emha Ainun Najib, memotivasi para siswa dan alumni SMA NU Al Ma'ruf agar selalu menjadi tonggak kemajuan pendidikan. Dengan memiliki pendidikan yang baik, ia berharap, pada masa mendatang, terdapat pemimpin bangsa yang berasal dari Green Campus, julukan SMA NU Al Ma'ruf. "Masak dari puluhan ribu alumni tidak ada yang jadi pemimpin. Maka, terus belajar dan pendidikan baik di sekolah maupun luar sekolah. Gali pengalaman seluas-luasnya, jadilah pemimpin bangsa suatu saat nanti," katanya.

Sebagai informasi, acara Sinau Bareng Cak Nun merupakan acara pengajian kedua setelah sebelumnya SMA NU Al Ma'ruf mengundang Habib Syekh pada Sabtu, (7/9). Pelantun salawat asal Surakarta tersebut juga sempat meresmikan gedung baru bersama Plt. Bupati Kudus, H.M. Hartopo. SMA NU Al Ma'ruf akan mengadakan upacara Harlah ke-50 pada Rabu (11/9).

H.M. Hartopo yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut menyambut dengan rasa gembira. Pihaknya mewakili Pemerintah Kabupaten Kudus mengapresiasi rangkaian acara yang dilaksanakan. Menurutnya, rangkaian acara yang diselenggarakan SMA NU Al Ma'ruf sangat 'wah' dan mampu mendidik para siswa agar selalu mengutamakan pendidikan agama.

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Kudus sangat gembira karena SMA NU Al Ma'ruf mengadakan acara yang sangat baik untuk pendidikan siswa. Selain itu, rangkaian acara lainnya juga sangat mendidik," ucapnya.

Selain itu, H.M. Hartopo melihat kekompakan yang terbangun antara guru dan siswa sangat baik. Pihaknya ingin agar kekompakan tersebut dijadikan sebagai modal untuk memperkuat SMA NU Al Ma'ruf menghadapi tantangan masa depan yang kian berat. "Modalnya sudah ada, terlihat malam ini antara murid dan guru sangat kompak. Inilah yang menjadikan Al Ma'ruf siap menghadapi tantangan global mendatang," pungkasnya.