Buka Job Fair, HM Hartopo : Manfaatkan Job Fair Untuk Menekan Angka Pengangguran

 11-09-2019 14:58 WIB by Admin  66x    News

KUDUS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terus berupaya menekan angka pengangguran. Sebagai salah satu cara penanggulangan pengangguran tersebut, Pemkab Kudus mengadakan Pameran Kesempatan Kerja Job Fair Kudus 2019, yang berlangsung di gedung Graha Mustika. Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo berkesempatan hadir untuk membuka kegiatan tersebut pada Rabu (11/9) siang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Inkop & UMKM Bambang Tri Waluyo mengatakan dalam Job Fair kali ini, panitia menyediakan sebanyak 4457 lowongan pekerjaan yang terdiri dari 40 perusahaan yang ada di Kabupaten Kudus dan sekitarnya, selain menyediakan lowongan pekerjaan, dirinya juga mengatakan bahwa kegiatan Job Fair ini akan melaksanakan rekrutmen secara langsung yaitu berupa wawancara untuk menjaring tenaga kerja yang dibutuhkan.

"Diadakannya pameran bursa kerja ini adalah untuk memfasilitasi para pencari kerja untuk memperoleh perkejaan sesuai dengan kompetensi dan para perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkannya," Ujarnya

Plt. Bupati HM Hartopo dalam sambutannya mengatakan, job fair merupakan salah satu upaya untuk membuka kesempatan kerja bagi masyarakat Kudus, untuk itu dirinya mengajak semua masyarakat untuk memanfaatkan acara tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Kami terus berupaya untuk membuka lapangan pekerja bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya. Salah satunya dengan mengadakan job fair pada hari ini." ujarnya

Saat ini, HM Hartopo menjelaskan, kurang dari 1% dari jumlah warga Kudus merupakan pengangguran, untuk itu, dengan adanya Job Fair dapat lebih menekan angka pengangguran dan membuka kesempatan kerja seluas-luasnya.

Dirinya juga berpesan kepada para pencari kerja agar tetap semangat dan selalu mencoba setiap peluang yang ada, sehingga dapat memperoleh pekerjaan dan hasil yang diinginkan.

Lebih lanjut dikatakannya, selain mengadakan Job Fair, dalam upaya menekan angka pengangguran dan menambah lapangan kerja, Pemkab Kudus memiliki program mencetak 500 wirausaha baru setiap tahun, yang dilatih dan disiapkan untuk menjadi wirausahawan yang handal.