Kader Sadar Adminduk Panjunan Mudahkan Urus Dokumen Kependudukan

 28-09-2019 06:37 WIB by Admin  174x    News

KUDUS-Pemerintah kini terus menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan. Selain itu, tentunya, berbagai inovasi dan kemudahan dalam terobosan layanan kependudukan terus dilakukan. Mulai dari level pemerintah pusat, pemerintah daerah, bahkan hingga pemerintah desa dan kelurahan.

Begitu pula yang menjadi komitmen Plt. Bupati Kudus HM Hartopo dalam peningkatan layanan kependudukan di Kudus ini. Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang terus memberikan kemudahan layanan bahkan pelayanan secara daring.

Hal ini yang menjadi pelecut semangat Kelurahan Panjunan untuk Membentuk Kader Sadar Adminduk Kelurahan Panjunan. Yang bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingkan tertib administrasi kependudukan.

”Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang cepat dan mudah kepada masyarakat,” terang Lurah Panjunan Moerijanto didampingi Kasi Tata Pemerintahan setempat Bakti Tataryo saat launching inovasi tersebut, Rabu (25/9), di Panjunan.

Menurutnya, dengan inovasi ini pengurusan Akta Kematian dan Kelahiran menjadi lebih mudah bersama Kader Sadar Adminduk. Pasalnya prosesnya tidak memerlukan prosedur yang berbelit. Tetapi dimudahkan dengan adanya Grup Whatsapp (WA) Kader Sadar Adminduk yang akan diproses Admin Disdukcapil.

Sementara itu, Bakti menjelaskan bahwa proses selanjutnya, petugas delivery dukcapil mengirim dokumen kependudukan baru ke Kelurahan dan mengambil dokumen lama. Terakhir, petugas delivery kelurahan mengirim ke Ketua RT untuk diserahkan kepada warga.

”Kami juga ada program Reward Pengurusan KTP Tepat Waktu. Yakni bagi warga yang mengurus KTP dan melakukan perekaman data KTP paling lambat 3 bulan setelah memasuki usia wajib KTP berhak mendapatkan voucher kopi / susu gratis yang telah bekerja sama dengan Kelurahan Panjunan,” kata Bakti yang merupakan penggagas inovasi ini.

Ide Bakti tersebut didasari karena tingginya penundaan pengurusan akta kelahiran dan kematian di Kelurahan Panjunan. Gagasan ini akan memberikan manfaat bagi Kelurahan Panjunan diantaranya terpeliharanya data kependudukan wilayah yang valid, tersedianya arsip digital Surat Keterangan Kematian/Kelahiran, serta meningkatkan kinerja organisasi Kelurahan Panjunan.

Camat Kota Kudus Endah Pramudyawati memberikan sambutan positif atas inovasi ini. Dikatakannya, inovasi ini akan meningkatkan kinerja jajarannya dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan berbagai administrasi kependudukan.

”Saya mengucapkan selamat, terima kasih atas gagasan cerdas ini. Semoga ini bisa menjadi pioneer dan percontohan bagi kelurahan yang lain,” kata Endah.

Lebih lanjut Camat Kota Kudus ini berharap inovasi ini bisa berjalan baik dan lancar. Karena akan mendukung terwujudnya pelayanan publik yang mudah dan cepat, tersedianya database kependudukan yang valid sebagai dasar pengambilan kebijakan pembangunan.

”Dan tentunya akan mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance),” pungkasnya.