Lomba Mewarnai TK Stimulasi Kreativitas Anak

 07-10-2019 07:36 WIB by Admin  40x    News

KUDUS - Tidak banyak celoteh anak yang terdengar, yang ada hanya tangan kecil menggoreskan krayon ke kertas. Mereka sibuk mewarnai gambar yang telah ditentukan juri. Sekitar 700an anak-anak PAUD dan TK mengikuti festival mewarnai dalam rangka hari jadi Kota Kudus ke-470 yang diselenggarakan di GOR Bung Karno, Sabtu (5/10). Bunda PAUD Hj. Mawar Hartopo membuka kegiatan tersebut.

Pihaknya menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan lomba mewarnai untuk anak-anak. Menurutnya, lomba mewarnai membantu menstimulasi kreativitas anak-anak. Kreativitas tersebut menjadikan generasi penerus bangsa yang mempunyai pemikiran inovatif serta mandiri. "Luar biasa sekali antusiasme anak-anak. Lomba mewarnai bagi anak-anak menstimulasi agar menjadi kreatif," ujarnya.

Selain itu, Mawar Hartopo berpesan kepada para orang tua dan pendidik agar terus memperhatikan asupan gizi anak. Anak dengan usia nol sampai dengan tujuh tahun membutuhkan makanan dengan kandungan protein tinggi. Salah satunya dengan menyediakan makanan dengan bahan dasar ikan. Pemerintah telah mencanangkan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dengan tujuan menumbuhkan kegemaran makan ikan terutama untuk anak-anak agar pertumbuhan otak dapat maksimal. "Saya mengimbau kepada orang tua dan pendidik agar menyediakan makanan dengan protein yang tinggi seperti ikan bagi anak-anak. Protein yang tinggi memaksimalkan pertumbuhan otak anak," pesannya.

Mawar Hartopo juga meminta orang tua dan pendidik bijaksana dalam mengizinkan anak-anak menggunakan gawai. Penggunaan gawai yang berlebihan akan menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit mata. Orang tua diminta berperan aktif dan meluangkan waktu untuk anak-anak, salah satunya dengan membacakan buku. Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) sangat penting salah satunya untuk mengurangi penggunaan gadget. "Era globalisasi menjadikan anak-anak ketergantungan dengan gadget. Padahal, jika menggunakan gawai berlebihan akan menyebabkan berbagai penyakit. Orang tua harus berperan aktif dan lebih bijaksana menyikapi kebiasaan anak-anak bergadget ria," tuturnya.

Pemenang festival mewarnai diumumkan di akhir acara. Pemenang pertama lomba mewarnai kategori usia 2-3 tahun diraih oleh Saila Mafaza dari KB Kartini Undaan. Lalu pemenang pertama kategori usia 3-4 tahun diraih oleh Nuzulul Laili dari KB Kartini Undaan. Kemudian pemenang pertama kategori 4-5 tahun diraih oleh Elin Jeimtania Rahma dari TK IT Rohmatul Ummah Jekulo. Sementara itu pemenang pertama kategori usia 5-6 tahun diraih oleh Widiyatmoko Danish Satriyo Wibowo dari TK Negeri Pembina.