Pimpin Rapim, HM Hartopo Ajak OPD Tingkatkan Pelayanan Pada Masyarakat

 08-10-2019 07:19 WIB by Admin  53x    News

Kudus - Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintahan kabupaten Kudus, pagi ini melaksanakan rapat dinas pimpinan, rapat pimpinan tersebut membahas mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi setiap OPD selama Tahun Anggaran 2019. Bertempat di Command Center pada senin (7/10) pagi.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo memimpin langsung jalannya rapat yang diikuti oleh Sekda Kabupaten Kudus, Asisten Sekda, Staf Ahli, Seluruh Kepala OPD, Kepala Bagian, Seluruh Camat, Kepala Kelurahan serta Direktur BUMD di Kabupaten Kudus.

Sekda Kabupaten Kudus, Sam'ani Intakoris, mengawali rapim dengan memaparkan progres pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan realisasi anggaran belanja tahun anggaran 2019. Dirinya mengatakan rapat pimpinan selain bertujuan untuk mengevaluasi, juga untuk memotivasi kinerja kepada Kepala OPD untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Sekda Kabupaten Kudus mengatakan penilaian kinerja suatu OPD dapat dilihat dari pengelolaan APBD maupun capaian realisasi pendapatan yang telah menjadi beban target OPD, Untuk itu dirinya berharap, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan realisasi belanja dapat terealisasi sasuai dengan target yang telah tentukan, dengan ditekankan berbagai inovasi yang dapat dikembangkan untuk dapat merealisasikannya.

"Saya berharap PAD dapat dipacu dengan cara yang inovatif sehingga dapat merealisasikan target yang telah ditetapkan, karena pengelolaan APBD maupun capaian realisasi pendapatan yang menjadi beban OPD, akan dijadikan sebagai indikator penilaian kinerja OPD," imbuhnya

Sementara itu, Plt. Bupati HM Hartopo menganggap arti pentingnya Rapat Pimpinan, dirinya mengatakan dengan adanya rapat pimpinan semua permasalahan di Kabupaten Kudus dapat dipetakan, dan dapat carikan solusinya, karena semua bermuara untuk kepentingan dan pelayanan masyarakat Kudus.

Selain itu, untuk menghadapi berbagai permasalahan yang ada di Kudus, mulai dari pencapaian PAD dan realisasi belanja anggaran, sampai dengan pengelolaan berbagai aset daerah yang dinilai belum dirasakan manfaatnya untuk Kudus, HM Hartopo memerintahkan Sekda untuk membuat tim satuan tugas (Satgas) terpadu, dirinya berharap dengan adanya Satgas, dalam dua bulan kedepan sudah ada hasil dan progres perbaikan yang dilaporkan.

"Saya perintahkan kepada Sekda untuk membuat satgas terpadu yang terdiri dari berbagai kepala Dinas, untuk menghadapi berbagai persoalan yang ada di Kudus, sehingga dalam dua bulan kedepan, saya harap sudah ada progres perbaikan yang laporkan kepada saya," pesannya

Diakhir kesempatan HM Hartopo kembali menekankan akan pentingnya kebersamaan, dirinya mengibaratkan seperti keluarga besar, yang selalu bersama dan transparan dalam mengadapi segala persoalan serta mencari solusi secara bersama-sama. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan.

"Kita seperti keluarga besar, kalau ada masalah hurus kita hadapi dan cari solusi secara bersama, yang paling penting semua harus transparan, sehingga pelayanan kepada masyarakat terus dapat kita tinggatkan," pungkasnya