Bupati Ajak Warga Jaga Kebersihan

 29-05-2014 00:49 WIB by Admin  1388x    News

KUDUSNEWS.COM, Kudus - Wilayah kota dan desa mempunyai karakteristik yang berbeda. Di kota, jarak antar rumah cenderung lebih rapat, sehingga tingkat kepadatannya tinggi dibanding dengan di desa. Ini membuat masyarakat di kota lebih peka terhadap isu kebersihan lingkungan. Untuk itu, kesadaran akan kebersihan harus terus dijaga diantara warga. Hal itu disampaikan bupati Kudus, H. Musthofa, saat menghadiri acara Tilik Desa di kelurahan Wergu Kulon malam ini (28/5).

Dihadapan warga, bupati mengajak untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih. “Toh, yang merasakan kita sendiri. Karena ini adalah lingkungan kita”, ujarnya. Ke depan, akan diadakan lomba kebersihan antar desa.

“Yang akan kita umumkan justru bukan yang terbaik, namun yang ada di posisi terbawahlah yang akan dapat hadiah. Hadiahnya berupa kunci (red:karena menjadi juru kunci)”, kata bupati menyampaikan idenya. Harapannya, dengan konsep seperti itu, maka semua akan jadi termotivasi untuk tidak menjadi yang terbawah.

Acara tilik desa sendiri merupakan acara yang dimaksudkan sebagai ruang bersilaturahmi antara rakyat dengan pemimpinnya. Namun, oleh bupati, acara ini dianggapnya sebagai sarana bupati lapor kepada rakyat.

“Ini merupakan paradigma yang saya jalankan sejak periode pertama saya menjabat. Sudah saatnya pemimpin melayani warganya, dan bukan sebaliknya”, jelasnya.

Dalam forum tersebut, berbagai masukan dari warga diserap dan menjadi bahan pertimbangan untuk pembuatan berbagai kebijakan. Selain itu, di informasikan juga berbagai bantuan yang telah dan akan diterima oleh warga setempat.

“Hal ini demi transparansi penggunaan anggaran. Dengan ini, warga tahu apa yang menjadi haknya dan otomatis akan tergugah untuk ikut berpartisipasi terhadap kemajuan wilayahnya”, tutup bupati. (erw/red)