Lansia Diajak Terapkan Prinsip PHBS

 05-12-2019 10:33 WIB by Admin  133x    News

KUDUS - Wakil Ketua I TP PKK Hj. Mawar Hartopo hadir membuka Lomba Senam Lansia di Halaman Labkesda, Kamis (5/12). Mengambil tema Lansia Sehat Mandiri Diwujudkan dari Keluarga Sehat, para lansia diajak untuk tetap aktif dan produktif dengan menerapkan gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Mawar Hartopo menyampaikan kepada para lansia bahwa TP PKK saat ini sedang menggiatkan gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Perilaku hidup sehat dimulai dengan menjaga pola makan secara teratur dan makan makanan bergizi seimbang. Selain itu juga harus diiringi dengan olahraga secara teratur. "Olahraga bisa jalan-jalan di sekitar rumah atau keliling di lingkungan kampung," tutunya.

Dalam kesempatan tersebut, Mawar juga memperlihatkan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Lewat buku tersebut, para lansia diharapkan memperoleh pengetahuan yang dapat disampaikan kepada anak cucunya. "Buku ini diberikan kepada ibu hamil dan melahirkan yang berisi panduan menjaga kesehatan ibu dan anak. Ilmu di dalam buku ini bisa ditularkan kepada keluarga dan tetangga," imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Joko Dwi Putranto mengatakan, lomba diikuti lansia dari 19 Puskesmas di Kabupaten Kudus. Kegiatan bertujuan untuk memberi efek positif bagi kesehatan lansia, agar tetap aktif, produktif, dan mandiri. Lomba juga diharapkan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat melalui olahraga secara teratur. Lansia sehat dan mandiri tentunya dapat menjadi teladan bagi generasi muda di lingkungan keluarga dan masyarakat. "Momen ini kita gunakan untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat yang diawali mulai dari keluarga dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," pungkasnya.