Kabupaten Kudus Raih WTP, HM Hartopo : Momen Untuk Terus Memacu Tata Kelola Keuangan Lebih Baik

 05-12-2019 21:32 WIB by Admin  158x    News

Kudus - Pemerintah Kabupaten Kudus kembali menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018 dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari pemerintah pusat melalui kementerian keuangan.

Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara wilayah Jateng Sulaimansyah kepada Sekretaris daerah Sam'ani Intakoris di Pendopo kantor bupati, pada Kamis (5/12) siang.

"Pemerintah pusat sangat mengapresiasi atas pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban dari keuangan daerah dengan standar tertinggi. Opini WTP merupakan standar tertinggi pemerintah pusat yang dalam hal ini diwakili oleh Menteri Keuangan dalam memberikan apresiasi kepada Kabupaten Kudus," ujar kepala Ditjen Perbendaharaan provinsi Jawa tengah, Sulaimansyah.

Usai penyerahan penghargaan berupa sertifikat WTP dari Kementerian Keuangan, dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang pemanfaatan bersama data dan informasi keuangan antara Plt. Bupati Kudus dengan Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara wilayah Jawa tengah.

Kepala Kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan provinsi Jawa tengah, Sulaimansyah mengatakan Kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan memiliki peran strategis bagi pelaksanaan pembangunan di daerah, Namun, perlu disadari keberhasilan pembangunan di setiap daerah merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Untuk itu, dibutuhkan koordinasi guna berbagi peran dalam pelaksanaan kebijakan fiskal di daerah.

"Mou ini merupakan momen sinergi pengelolaan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, agar pembangunan daerah yang akan disusun sesuai dengan perencanaan yang telah di susun oleh pemerintah pusat melalui APBN," ujarnya

Sementara itu, Plt. Bupati Kudus HM Hartopo mengungkapkan pemberian penghargaan WTP sebagai pemacu semangat pemerintah kabupaten Kudus dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan kerutama pengelolaan keuangan menjadi lebih baik.

"Penghargaan WTP ini merupakan pemacu kami, pemerintah kabupaten Kudus, untuk dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan khususnya tata kelola keuangan untuk menjadi lebih baik lagi," ujar HM Hartopo

Mengenai penandatanganan nota kesepahaman atau MOU tentang pemanfaatan bersama data dan informasi keuangan antara pemerintah Kabupaten Kudus dengan Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara wilayah Jawa tengah, HM Hartopo berharap dapat terjalin sinergitas yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, sehingga dapat tercapai pembangunan serta kesejahteraan masyarakat Kudus yang lebih baik.