UMKU Buka Prodi Keperawatan, Hartopo : Layani Masyarakat Sepenuh Hati

 14-01-2020 13:34 WIB by Admin  68x    News

KUDUS - Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Termasuk peningkatan kualitas pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan. Oleh karena itu, Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) membuka program studi baru yakni S-1 Keperawatan dan Profesi Ners. Program studi tersebut berkat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Kesehatan Kabupaten dan RSUD dr. Loekmonohadi. Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai wujud keseriusan dalam bermitra berlangsung di Ruang Serba Guna Universitas Muhammadiyah Kudus, Selasa (14/1).

Dalam kesempatan Studium Generale, Rektor UMKU Rusnoto mengaku kerja sama ini tak akan pernah terwujud jika tidak ada keterbukaan yang baik dari Pemerintah Kabupaten Kudus. Oleh sebab itu, pihaknya mengapresiasi dukungan dan perhatian Pemerintah Kabupaten agar UMKU semakin dapat berkontribusi dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungannya terhadap Universitas Muhammadiyah Kudus. Fasilitasi dari Pemkab tentu akan berguna bagi kami. Mengingat, kami juga melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah mengabdikan diri untuk masyarakat. Kami berharap SDM yang lulus dari UMKU dapat langsung terjun di masyarakat," katanya.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pemerintah Kabupaten Kudus (@pemkabkudus) on



Menanggapi rektor UMKU, Plt. Bupati Kudus Hartopo sepakat dengan visi UMKU yang ingin meningkatkan pengabdian masyarakat khususnya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Ia mengaku sering mendapat keluhan dari warga Kudus yang sakit bahwa ada oknum di Rumah Sakit yang melayani setengah hati. Untuk itu, sikap ramah dan melayani dengan sepenuh hati harus dipupuk sejak masa perkuliahan.

"Nantinya kan juga praktek di Rumah Sakit. Ya, kalau bisa disini (universitas) mulai ditata tentang cara menangani pasien. Melayani orang sakit harus dengan penuh kelembutan dan harus maksimal," jelasnya.

Selain itu, Hartopo juga berharap UMKU lebih visioner dan terbuka untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain. Utamanya, sesama universitas yang memiliki kesamaan ideologi. Ia juga menyemangati agar UMKU semakin banyak membuka program studi.

"Kerja sama ini adalah titik awal. Kalau bisa, UMKU kerja sama dengan universitas lain yang memiliki kesamaan visi dan misi. Kalau semakin banyak program studi, maka semakin diminati oleh para calon mahasiswa untuk belajar di UMKU," ungkapnya.