Mawar Hartopo Ingatkan Peserta Patuhi Dwi Darma dan Dwi Satya

 23-02-2020 13:32 WIB by Admin  121x    News

KUDUS - Barisan anak-anak pramuka golongan siaga berbaris rapi dengan atribut warna-warni. Ratusan anak tersebut sedang bersiap mengikuti Perlombaan Pesta Siaga yang digelar di kompleks MIN 1 Kudus, MTs N 1 Kudus, dan MAN 2 Kudus. Sebelum lomba, upacara pembukaan yang dihadiri Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo digelar di tennis indoor MAN 2 Kudus, Minggu (23/2). Mawar Hartopo yang menjadi Bunda Pembina Upacara dalam Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang berpesan kepada peserta untuk selalu mengamalkan Dwi Darma dan Dwi Satya.


Menurut Mawar, tugas utama para peserta pesta siaga tersebut adalah belajar yang rajin dan tekun. Belajar tak hanya dari pelajaran formal di sekolah, namun juga belajar keterampilan kehidupan dengan mengikuti Pramuka. Sebagai anak pramuka yang masih berada di golongan siaga, peserta diminta untuk menghormati ayah bunda dan berani seperti yang tertuang dalam Dwi Darma Pramuka. Mawar berharap anak-anak nantinya tumbuh menjadi anak yang pintar, cerdas, dan berkepribadian yang baik. "Patuhi Dwi Darma dan Dwi Satya sebagai penghormatan dan moral setiap Pramuka Siaga. Semoga anak-anak semuanya berguna bagi nusa dan bangsa," ucapnya.

Dalam pesta siaga, Mawar mengajak anak-anak agar mengikuti semua kegiatan dan bersemangat dalam berkompetisi. Anak-anak diminta bersaing dengan sehat dan menjaga persahabatan dengan sesama teman. "Ikuti pesta siaga dengan persaingan secara sehat, penuh kekeluargaan dan semangat. Semoga semua peserta nantinya tumbuh menjadi penerus masa depan yang didambakan bangsa," imbuhnya.



 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pemerintah Kabupaten Kudus (@pemkabkudus) on


Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah menitipkan putra-putrinya untuk mengikuti pembinaan pramuka. Tanggung jawab besar tersebut harus benar-benar dilakukan dengan mendidik dan membina dengan baik. Pihaknya menyampaikan Pramuka sebagai wadah untuk membekali generasi muda menjadi pribadi yang cerdas, luhur, dan cinta tanah air. "Ini merupakan tanggung jawab kita bersama membina generasi muda menjadi pribadi yang luhur dan cinta tanah air. Mari kita kenalkan Pramuka sejak dini," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan panitia penyelenggara Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kudus Didik Hartoko mengungkapkan terdapat
540 peserta pramuka golongan siaga, 54 orang pembina pendamping, dan 9 orang pimpinan kontingen yang mengikuti pesta siaga kali ini. Acara tersebut bertema "Ramah, Peduli, dan Ceria" dengan motto "Satyaku ku Darmakan, Darmaku ku Baktikan". Pihaknya juga memaparkan pesta siaga terbagi dalam sembilan pos.

"Dalam perlombaan pesta siaga, ada sembilan taman siaga, yakni taman siaga pintar, taman kemampuan indera manusia, taman toleransi beragama, dan taman scouting skill (simpul dan kompas). Ada pula fun wall, taman pentas budaya, taman kebersihan lingkungan, taman kemanusiaan, dan taman permainan," jelasnya.