Pemkab Kudus Luncurkan Pusat Informasi Covid-19

 20-03-2020 19:38 WIB by Admin  1695x    News

KUDUS - Menghindari kesimpangsiuran informasi yang beredar di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Kominfo Kudus merilis website untuk pusat informasi Covid-19 di Kabupaten Kudus. Masyarakat Kabupaten Kudus yang ingin mengetahui berita update Covid-19 dapat mengakses situs tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kudus Kholid Seif dalam rapat koordinasi bersama perwakilan kecamatan dan OPD terkait Covid-19 di Ruang Rapat Lantai III Gedung Dukcapil, Jumat (20/3).

Masyarakat dapat mengakses situs tersebut di alamat http://corona.kuduskab.go.id/. Keputusan membuat situs tersebut menindaklanjuti rapat koordinasi gugus tugas pencegahan Covid-19 bersama Forkopimda yang digelar beberapa waktu yang lalu. Informasi juga akan diperkuat dengan ditunjukknya satu juru bicara terkait perkembangan Covid-19 di Kabupaten Kudus. "Kami harap, informasi perkembangan Covid-19 dapat terpusat pada satu pintu yakni melalui juru bicara dan situs yang kami luncurkan. Sepertinya juru bicara nanti dari Dinas Kesehatan Kudus. Semoga ikhtiar ini dapat mengurangi berita hoax yang beredar," ucapnya.


Kholid juga meminta kerjasama setiap kecamatan agar melaporkan kegiatan yang berkaitan pencegahan Covid-19 di masyarakat. Nantinya laporan kegiatan tersebut akan dipublikasikan kembali di media sosial maupun website. "Kami meminta bapak ibu semuanya untuk bekerjasama dengan kami melaporkan kegiatan apa yang dilaksanakan untuk mencegah Covid-19. Sehingga hal tersebut dapat diketahui masyarakat," imbuhnya.


Selain itu, Kholid pun meminta agar pemerintah kecamatan meneruskan sleuruh imbauan dan pengumuman Pemkab Kudus kepada masyarakat. Tak hanya diteruskan lewat sosialisasi, namun juga dipublikasikan ke media sosial dan baliho sekitar wilayah. Terkait baliho, pihaknya meminta agar pemerintah kecamatan dan desa melakukan sesuai prosedur dan berkonsultasi dengan dinas terkait. "Mohon agar imbauan dan pengumuman dapat diteruskan di media sosial dan baliho. Untuk payung hukum pengadaan baliho, dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dinas terkait," tuturnya.


Perwakilan beberapa instansi seperti PMI, Polres Kudus, Kodim 0722/Kudus juga ikut hadir dalam rapat. Kabag Ops Polres Kudus AKP Catur Kusuma menyampaikan persetujuannya atas diluncurkannya situs pusat informasi Covid-19. Pasalnya, Kapolres Kudus Catur Gatot Efendi juga menyarankan untuk dibentuknya pusat informasi seperti yang telah dilakukan Pemerintah Jateng, Jabar, DKI Jakarta, dan D.I. Yogyakarta. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan ramuan rempah-rempah asli Jawa. "Nenek moyang kita telah mengajarkan bahwa rempah alami dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, kami mengajak agar masyarakat ikut mengonsumsi resep alami menjaga daya tahan tubuh," ujarnya.