Mawar Hartopo Ajak Bidan Desa Aktif dalam Satgas Jogo Tonggo

 18-05-2020 13:14 WIB by Admin  147x    News

 
 
KUDUS - Satgas Jogo Tonggo mulai digencarkan pada tiap daerah kabupaten / kota sesuai instruksi Gubernur Jateng. Satgas yang menjadi wadah relawan penanggulangan Covid-19 di tingkat desa ini melibatkan stakeholder dari bidang ekonomi, sosial, keamanan, dan kesehatan. Dalam mendukung upaya tersebut, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus Hj. Mawar Hartopo meminta bidan desa dan kader posyandu agar berperan aktif di bidang kesehatan satgas. Hal tersebut disampaikan usai menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Klinik dan Bidan Desa di Kantor Kecamatan Bae, Dawe, dan Jekulo, Senin (18/5). 
 
Mawar Hartopo menyampaikan bahwa pembentukan Satgas Jogo Tonggo menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Desa. Pada penerapannya, terdapat 4 bidang yang ada di Satgas Jogo Tonggo yaitu ekonomi, sosial, keamanan, dan kesehatan. Untuk menguatkan bidang kesehatan, Mawar Hartopo mengimbau agar stakeholder kesehatan di tingkat desa seperti Bidan Desa, Dasa Wisma, dan Kader Posyandu turut berperan aktif dalam membantu tugas satgas. 
 
"Bu bidan desa tugas jenengan sudah banyak dari soal bayi sampai lansia, dan sekarang ditambah lagi penanggulangan Covid-19. Bidan Desa bersama-sama dengan kader posyandu dalam bidang Kesehatan diharapkan peran aktifnya di bidang kesehatan. Ibu Ketua TP. PKK Kecamatan juga kami harapkan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan penanggulangan covid-19 di tingkat desa," tuturnya.
 
Bantuan APD secara berurutan diserahkan di tiga kantor kecamatan yakni Kecamatan Bae, Dawe dan Jekulo. Pada Kantor Kecamatan Bae, bantuan APD diserahkan untuk Klinik Mariane Medika, Klinik Amalia, Klinik Srikandi Husada dan 10 Bidan Desa. Selanjutnya di Kantor Kecamatan Dawe bantuan APD diserahkan untuk 22 Bidan Desa. Terakhir di Kantor Kecamatan Jekulo bantuan APD diserahkan kepada Klinik Bunda Zahra, Klinik Lily Srikandi Medika, Klinik Natura Medika, Klinik Amal Sehat dan 19 Bidan Desa. Penyerahan ini merupakan tahap kedua, setelah minggu lalu dilaksanakan di Kecamatan Kota, Kaliwungu, dan Gebog.
 
"Sebagai bentuk kepedulian dari TP. PKK dalam upaya penanggulangan Covid-19, bersama ini kami berikan/salurkan bantuan untuk yayasan/klinik kesehatan dan bidan desa. Kami sampaikan pula bahwa peran Camat dan Ibu Ketua TP. PKK Kecamatan sangatlah besar dalam upaya-upaya ini," ujarnya.
 
Selain itu, Mawar Hartopo juga menyerahkan bahan pembuatan masker dari Dinsos P2AP3KB Kabupaten Kudus kepada Perempuan Kepala Keluarga di Balai Desa Jekulo. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai jaring pengaman ekonomi dan kegiatan peningkatan produktivitas ekonomi perempuan di tengah pandemi Covid-19. Pihaknya berharap, agar kaum perempuan dapat tetap produktif di masa pandemi covid-19 guna keberlangsungan ekonomi.
 
"Bahan ini untuk dibuat masker oleh ibu-ibu sekalian. Karena masker sekarang sudah menjadi kebutuhan wajib, setiap keluar rumah diwajibkan memakai masker. Nah selain dibuat masker ukuran dewasa, kalau ada sisa bahan bisa dibuat masker ukuran anak, agar kebutuhan masker ukuran anak tercukupi," pungkasnya.