Ganjar dan Hartopo Acungi Jempol Inovasi Anak Muda Kudus

 01-07-2020 15:42 WIB by Admin  422x    News

 
 
KUDUS - Generasi milenial harus memiliki semangat entreprenuer dan inovasi yang tinggi. Apalagi, dalam bidang yang cukup jarang digeluti anak muda, dunia pertanian. Di Kudus, ada seorang pemuda yang giat bertani, utamanya buah melon. Dia adalah Stefanus Rangga Santoso.
 
Berkat inovasinya tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun menyambangi Laguna Green House, lokasi pembibitan buah melon milik Rangga, di Jalan Lingkar Selatan, Pasuruhan Lor, Jati, (1/7). Tak sendiri, orang nomor satu di Jateng itu, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus Hartopo.
 
Setibanya di Laguna Green House, Ganjar dan Hartopo mendapatkan penjelasan mengenai kondisi lokasi pembibitan. Total area yang dikembangkan seluas 1,3 ha. Terdapat 4 petak yang mampu memproduksi 80 ton buah melon tanpa pestisida dan dipastikan tidak ada hama. Petugas pun harus memakai baju khusus jika masuk ke lokasi pembibitan.
 
Ganjar Pranowo pun mengapresiasi inovasi anak muda asli Kudus tersebut. Pihaknya pun tak segan mengatakan bahwa melon yang dihasilkan dari pembibitan di Laguna Green House bisa tembus di pasar swalayan. 
 
"Bisa tembus supermarket, ini. Kualitasnya bagus," katanya.
 
Tak hanya itu, Ganjar mengaku kaget, bahwa semua tanaman bibit melon tersebut, perkembangannya dikendalikan melalui teknologi. Mulai dari proses awal pembibitan hingga panen. Ia pun berharap, anak muda di Jawa Tengah, khususnya Kudus meniru langkah Rangga.
 
"Mantap ini, semua dikendalikan sama mesin, teknologi pertanian yang bagus. Kita harapkan anak-anak muda kita di Jawa Tengah, utamanya di Kudus bisa niru. Gimana caranya jadi pengusaha sukses," jelasnya.
 
Sementara itu, Hartopo mengaku bangga ada anak Kudus yang inspiratif seperti Rangga. Apalagi, penggunaan teknologi di era 4.0 dalam bidang pertanian masih cukup jarang. Maka, ia tak heran bila produksi melon yang tiap 20 hari panen tersebut punya kualitas yang baik.
 
"Ya, ini suatu kemajuan. Pertanian melibatkan teknologi. Maka tak heran, hasil panen berkualitas," ungkapnya.
 
Tak hanya itu, Plt Bupati juga berharap anak muda di Kudus semakin inovatif dan kreatif. Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kudus siap memfasilitasi dan mendukung kreativitas anak muda Kudus. Pada akhirnya, anak muda memiliki peran aktif dalam membangun masyarakat.
 
"Harus ada banyak anak muda seperti mas Rangga ini. Kita dukung anak muda kreatif dan inovatif Kudus. Tentu, ini nanti akan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.