DPRD Apresiasi Kinerja Pemkab Kudus

 13-07-2020 19:28 WIB by Admin  141x    News

 
 
 
KUDUS - Rapat paripurna mengenai pandangan umum fraksi-fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kab Kudus tahun anggaran 2019 dilaksanakan hari ini, Senin (13/07) di ruang rapat DPRD kab kudus.
 
Rapat dipimpin oleh Ilwani, wakil ketua DPRD Kudus yang sekaligus membuka paripurna. PLT Bupati Kudus HM Hartopo beserta jajaran unsur forkopimda, kepala OPD dan anggota DPRD turut hadir dengan agenda mendengarkan pandangan umum fraksi-fraksi.
 
Dalam paripurna tersebut, terdapat 10 fraksi yang menyampaikan pandanganya terhadap ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kab. Kudus ta 2019. kesepuluh fraksi tersebut meliputi PKB, PPP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKS, Amanat Nasional Hanura Demokrat yang merupakan fraksi gabungan, serta PDIP. penyampaian pandangan fraksi yang telah dilakukan rencananya akan mendapatkan jawaban Plt Bupati kudus pada Jumat (17/07) mendatang.
 
Dalam rapat paripurna tersebut, secata garis besar pandangan umum fraksi-fraksi menyampaikan pandanganya terhadap ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD ta 2019 serta hasil audit BPK prov jateng yang mendapat predikat wajar tanpa pengecualian, pihaknya sedikit menyinggung tentang anggaran daerah serta penyerapanya melalui pendapatan asli daerah (PAD) yang mampu terealisasi sebesar 63%. pihaknya mengatakan jika PAD masih jauh dari target dan diminta lebih optimal lagi.
 
Selain itu, menghadapi musim penghujan, diharapkan Dinas terkait untuk segera melakukan perimbasan pohon yang dinilai berpotensi tumbang, perbaikan jembatan sungai piji serta mempercepat realisasi anggaran yang telah disetujui agar tidak menumpuk diakhir tahun.
 
Disisi lain, dalam pandangan umum fraksi-fraksi juga disampaikan bahwa Plt bupati kudus sudah memenuhi pencapaian dalam bekerja, ada 5 hal yg harus dipenuhi sebagai instrumen pembangunan di kab. Kudus yang meliputi pembangunan ekonomi, pendidikan, sosial, politik dan hukum.
 
Terakhir, apresiasi juga diberikan oleh fraksi-fraksi dalam pandangan umumnya kepada Pemkab Kudus atas kinerja yang telah dilakukan untuk pembangunan kab. Kudus agar semakin sejahtera.